PENGARUH AGEN/RETAILER, PRODUK DAN POTONGAN HARGA TERHADAP PENJUALAN LANTAI GERANIT PADA PT. SARANA KENCANA INDAH SEJATI CABANG JATENG

SARIFU, HERLIANTO (1998) PENGARUH AGEN/RETAILER, PRODUK DAN POTONGAN HARGA TERHADAP PENJUALAN LANTAI GERANIT PADA PT. SARANA KENCANA INDAH SEJATI CABANG JATENG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1394 Herlianto Sarifu COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1394 Herlianto Sarifu BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1394 Herlianto Sarifu BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1394 Herlianto Sarifu BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1394 Herlianto Sarifu BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1394 Herlianto Sarifu BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1394 Herlianto Sarifu DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1394 Herlianto Sarifu LAMPIRAN.pdf

Download (131kB)

Abstract

Perkelnbangan dunia usaha al~hir-akhir in1 ditandai oleh semakin tajamnY8 persaingal' yang ada, terutama pe.l'saingan dari perusahaan-perusah~an yang lOenghasilkan pl'oduk yang sejenis. Pasar selalu mengalami perubahan, kegiatan pema- saran dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern yang berubah dari waktu ke ~aktu. Strategi pemasaran yang meliputi bauran pemasaran perlu diputuskan dengan pesaing sekaligus juga beo r ol'l.entasi pad a kep" a: QDSUl\en. Pihak manajemen har u~;; selalu ~ pe'-T~an ke~~ ·tor tf:rsebll t dan b el'll Sa ha unt ~enyesu a":ikantiya ~ agn Illemasuki p e luang 2as dan te a:p---a apahe~han . be l.'kelnb. ang. usahanya. , " p. eseran umen ters ebut J u.gll- terJadl pada Ian l a na pada tal1U r'}t1f ahun 1980- an Plenggun a m nggu na a . ;ll;b ;onJ teras. t~, n 19BO-an keraU'lik d El.I1-...P. sd saat , in' di er tengahan O-an. f unou lagi ' j is 1a tai , I ~bi~l m wan, Lantai gral1i.t ad&. a nya hanya tahun an it yang digunakan ell ged ung-g dun ~5k~' or8.~ J:;1 e kslusif. namun " " 01<. in i ~l~an fTlen<ngah-~ff sudah banyak Ian tai keramik , s~hi'ngga I1lU 4<~eng-!Jse r penggunaan Permintaan akin besar. menyebabkan banyak perusahaan yang mulai memasarkannya. di antaranya yang mempunyai nama cukup terkenal untu}{ kelas mengah atas adalah merk "Essenza". "Niro" maupun "Impero". sedangkan untuk kelas me'nengah-bawah juga diaJ'ltaranya " adalah merk "Roman" . "Hulia". "Ineza'" maupun "KIA", yang Salah satu perusahaan "pendatang baru" berusaha ikut memasuki pasar adalah (New COble I' ) PT, Sal'ana Kerlcana Indah Sejati (selanjutnya disebut PT, SKIS) yang ruemasarkan lantai kerami.k dan granit dengan merk " Impero' · dengan segmen "pasar yang dituju (Pl'oduot positioning ) untuk kalangan mene"ngah-atas. Produk yang ditawarkan mempunyai kualitas yang terjamin serta harga yang cukup bersaing. Selama satu tahun terakhir PT. SKIS sudah membuka cabang untuk wilayah Jateng. / . DIY nalOun sampai saat in i perusahaan tersebut menghadapi permasalahan, yaitu penjualan yang dihasilkan masih rendah dan belum dapat lnemenuhi target pertjualan yang ditetapkan oleh PT . SKIS Pusat Jakarta" satu tahun ter a khir ini hanya mea % dari target yang dite- / tapkan , sedanYln= pangs a pasarnya"' . wilayah Jateng / DIY hanya sl e?ar lOY. ,!.gi'~ Pemasaran T. SKIS , 1997 ) . Oleh kare~ l ita PY SKIS p~~lakUk " eval uasi berkaitan d e'gan ba~an pe.a.~ran (m&~l'ketlh~iX) apakah sudah - t--eraPKa secara at dan e "sien a::am kondisi sek ~ng 6 i. s enyad ri se agai perusad. n..a.nsu.lny;a t i.da kua gan E (ma-r"( e t leade lang m -J saing uasai pasar haan un tuk bers erta p usaha Qengan dukungan f}nansi yang cukup besa r ) I ka p~ s~ ~rs thg se a b erhadapan promosi mela - iklarl, ~e ~ gan pernik" n yang dilandas i e l eh pengalama~ah~~sume d~:aktu akan membeli , mula-mula akan bertany- " 8:kff (pengecer ) yang menjual _ Selanjutnya kalau ada, konsllmen akan berkunjung dan membanding-bandingkan pl'oduk-produk yang ada untuk mendapatkan yang paling memuaskan kebutuhan dan keinginannya seperti kualitas, macam-macam produknya ( pJ.·oduct line) dan harga jual sampai ke Apabila ternyata sedikit t oka/ tangan konsumen . pengecer yang menjual maka kensumen yang mengetahui akan adanya suatu produk tapi pada saat mencari produk tersebut ternyata sulit (jarang toka yang menjualL konsulnen akan mengalihkan pilihannya pada produk merek lainnya yang mempunya i lebih banyak macam pilihan untuk memuaskan keinginannya. Demikian pula kalau harga jadi pembelian (dealing) suatu produk ternyata dapat bersaing dengan produk lain dengan kualitas yang sama maka akan semakin menarik konsumen. Masalah yang tidak semua toka/ pengecer mau menjusl suatu produk, tergantung banyaknya permintaan akan produk tersebut, serta sis :n pembayaran yang berlaku cash , putus ( tempo)~u'....lo 'J1yasi. Karena PT SKIS tldak menggunakY'/p~i m~' an Inaka pembeli potensial dida: a~pada saat mengu jungr.. a ka/ pengecel', maka toko/ p,~'ecer p~on' dengan otongan harga yang d iber '%'n ke,lcia mer.ka uhtuk m~nju pr oduk PT SKIS . i;ga fa ~t:or ter·seb d ' atas, yai tu - ko/ pemenj t al , Ilapall lQacal\ produ Yang i tawarkan ::~t~~:on~'amn:.~:a::n:a:~;;;~ehk:~~:~f~e:~~~, sangat Fa t r-fak, Qr banya;knya tOkJl'"enge~7. ' macam·· macam pro / plo~ ct in'eJ, dan po 'onyn nar(~ yang dipe roleh tok pengece~~~ ~penga}u ~ penjualan produk PT tersebu sansa:t-"1ii'en-a.rik ~k d iteliti. Ad,pun ~jdka'n f!!.da'hh~ GARUH , AGEN/RETAILER, ,II OT.fl!~ ~Jl.Il: 'l'l!lI/IAOAP PENJUALAN LANTAI GRIINIT PAOA PT 5 RAil KlINCANA INOIIH SEJATI CABANG JATENG/ DIY 01 SEKARANG" , Objek penelitian ini adalah PT. Sarana Kencana Indah Sejati Cabang Jateng yang berkedudukan di Jl. Puri Anjasmoro Slok H2/ 2 Seruarang. Jenis data yang diperlukan dalall penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi atau unit yang diteliti daIal!l pcnelitisn ini adalah data keuangan, khususnya yang berkaitan dengan produk, banyaknya/ jumlah toko/ pengecer yang banyaknya macam-. ~,a cam jajaran ~roduk Iflenjual (Pl'oduct line) yang ditawarkan, banyaknya potongan harga yang dikeluarkan perusahaan seFta hasil penjualan (rupiah) yang dihasilkan perusa.haan selama ini (bulan Januari 1996 Desember 1997). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitntif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah perhitungan regresi. Pengujian koefisien garis regresi . menggunakan uji t dan uji F. GUna memun di atas, digunakan alat 19.896 . 000 3. Potongan harga mempunyai pengaruh terhadap penjualan penjualan lantai dapat signifikan Sarana , a yang signifikan geranit pada PT. Sarana Kencana Indah Sejati Cabang Semarang . Besarnya pengaruh adalah setiap kenaikan potongan harga sebesar Rp 1.000.000,- akan meningkatkan penjualan sebesar Rp 5.676.000,- 4. Agen/retailer, produk dan harga secara bersamasama nenponyai pengaruh yang signifikan tel'hadap ~enjualan ~enjualan lantai geranit pada PT. Sarana Kencana Indah Sejati Cabang Sem~rang. Besarnya pengaruh adalah sebesar 97,3%. Berdasarkan anal isis dan kesimpulan tersebut di atas dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Pengembangan agen/retailer dalam situasi krisis moneter saat ini memang tidak mudah karena banyaknya pembangunan proyek/ perurnahan yang ditunda atau paling tidal, terjadi tindakan efisiensi. Yang dapat disarankan kepada PT . S IS Cabang Jawa Tengah untuk tetap dapat bertahan . pembelian yang masih ada/ mampu adalah ~ -, I,ta-rusaFta me -JIlainta.in CnlemeIiVari ~rosir/ t oke / ,pengece ng ada, meialui al1 owance, jbonu5 da La ln-" be~ntu.k produk tuk pembelian yang di -I~Ukan isalnva : ~~ ~ell\ ~ian 10 box, bonu~l' box . __ \- 2, Pl'Od,!k, '" I macam-ma c am el i Pl'oduk) lan ta er-a t y~ ng ~b U V.i menpuny a i p ngaruh yang pal in ter hada penJu alan l anti:ai g l n it perlu leta ' d iper ah,ankan, -:-UflJ:k.. aen rinlkatka penj ua1an peru s , an J pe' u lOel-akukan surv ay bai k na maupun gluozur ang mer~ adig-!:tr~ J ti dak sa~ yang susah lIlen j ad i v~ i t S\a~...--r;-el:.ap..(' berd, s an penga 1a" an pombe' n wakt-u ( a r u y a~~, mejadi minat konsumen. H e-~:~ . kan un tu k te tap lnlO!njaga kepa u n akan banyaknya pilihan produk. Se1ain itu pesanan berdasarkan macam-macam produk yang dipilih periu dilaksanakan secepat llIungkirl wa1aupun kuantitasnya tidak begitu besar. Mengingat distribusi ke berbagai kotOa walaupun frekuensi lnellurun tetapi tetap ada. , 3. Potongan harga pada PT. SKIS yang terbukti lIlempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penjualan perlu dil,embangkan dengan memberikan potongan harga tidak saja kepada grosir/ toko/ pengeeer tetapi juga kepada k~nsumen. Hal tersebut dapat dilakukan deng~n menet. apkan HET (Harga Eeeran Tertinggi) dalam suatu p.l'jt:e list kc-pada penjual/ penyalul.' sebagai " h81'ga psiJ.i.olog is" kepada konsumen untuk aklllrnya disCOLIJlt (potongan harga). Hal tersebut Iflendapatkan ~erlu dilaks anakan lebih puns a,pabila mengingat "berhasil" konsumen akan meraSfl menawar dan mendapatkan "potongan Ilarga" dari haraa pric~-11ist. Strategi tersebut lebih mengena daripada 1 ngsung menetapkan harga jual yang murah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 May 2016 07:18
Last Modified: 17 May 2016 07:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

View Item View Item