FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILm APOTEK (STUDI KASUS DI SEMARANG TIMUR

Budiwardoyo, Ronny (2003) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILm APOTEK (STUDI KASUS DI SEMARANG TIMUR. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
98.30.3552 Ronny budiwardoyo.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di kota Semarang yang merupakan !bu Kota Propinsi Jawa Tengah, apotek merupakan bidang usaha yang sudah sangat menjamur, apalagi dengan banyaknya toko obat yang kemudian beralih menjadi apotek. Berdasarkan pra survey yang telah saya lakukan, jumlah dari apotek yang ada di kota Semarang lebih dari 175 apotek, konsumen yang mengadakan pembelian di apotek ada sebagian merupakan konsumen yang loyal terhadap apotek tertentu sedangkan yang sebagian lagi bukan merupakan konsumen yang loyal terhadap suatu apotek tertentu. Berdasarkan survey itu juga dapat diperoleh informasi bahwa sebagian besar konsumen dalam melakukan pembelian di apotek disebabkan oleh beberapa alasan,yaitu karena lokasi dari apotek tersebut dekat dengan rumah atau mudah dijangkau, harga obat yang dijual lebih murah dari apotek lainnya, obat yang dibutuhkan selalu tersedia, pelayanan yang cepat dan ramah sekaligus mengetahui jenis obat yang ada dan dapat memberikan pertimbangan. Sehingga antara apotek yang satu dengan apotek yang lain berusaha untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan yang dapat menjadikan konsumen yang membeli obat kembali lagi ke apotek tesebut dan menjadi konsumen yang loyal. Dari uraian diatas, peneliti mengambil topik "faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih apotek (Studi kasus di Semarang timur)". Berdasarkan hasil pra survey yang telah dilakukan faktor-faktor konsumen dalam memilih apotek adalah faktor keterjangkauan harga, kesesuaian harga, kelengkapan produk obat, kelengkapan produk kesehatan selain obat, lokasi yang strategis, lokasi yang mudah dijangkau, cara melayani, komunikasi karyawan, pengetahuan karyawan, kemampuan menjelaskan, ketepatan pelayanan, kecepatan pelayanan, kenyamanan apotek, fasilitas apotek, perlengkapan karyawan. Obyek dari penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli obat di apotek yang ada di Semarang timur ini. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 reponden dengan menggunakan teknik sloving. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara mengumpulkan dan mengolah data yang diperoleh dari responden secara langsung. Ada empat faktor yang terbentuk untuk mengekstrak 15 variabel yang diteliti, yaitu : 1. Faktor harga dan produk, pemilihan apotek berdasarkan nilai rupiah dan kelengkapan produk obat 2. Faktor komunikasi dan cara melayani, faktor yang berdasarkan cara berkomunikasi <lan melayani karyawan pada konsumen apotek. 3. Faktor kenyamanan apotek dan kecepatan pelayanan suasana yang dimiliki oleh apotek dan keandalan karyawan dalam melayani permintaan konsumen dengan cepat 4. Faktor lokasi, berdasarkan lokasi apotek yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen yang akan membeli obat Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, maka untuk meningkatkan jumlah konsumen yang akan membeli obat dapat diajukan saran sebagai berikut : 1. Dengan faktor harga dan produk yang telah ada saat ini, peneliti menyarankan agar tetap menjaga harga dan kelengkapan produk obat yang dipunyai oleh apotek tersebut bahkan meningkatkan kelengkapan produk obat yang ada. 2. Apotek tetap melakukan pembenahan terhadap cara karyawan berkomuniksai dan melayani konsumen yang telah ada saat ini antara lain dengan melakukan pelatihan pada karyawan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam melayani dan berkomunikasi dengan konsumen. 3. Meningkatkan fasilitas apotek dan keandalan karyawan agar konsumen selalu merasa nyaman karena suasana apotek tersebut dan agar konsumen merasa terbantu ketika melakukan pembelian obat karena karyawan apotek tersebut melayani dengan cepat. 4. Agar lokasi dari apotek yang telah ada saat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin baik apotek yang memiliki lokasi yang bagus maupun yang tidak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 04:01
Last Modified: 04 May 2016 04:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item