PUTRA, ADITYA PRATAMA (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - COVER.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (BAB II)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text (BAB III)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (BAB IV)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - LAMPIRAN.pdf Download (644kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar”. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua yang diterima, maka semakin rendah prestasi belajar siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV B, V A, dan VI A SD Kanisius Tlogosari Kulon Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala pada variabel dukungan sosial orangtua dan metode dokumentasi yang menggunakan nilai rapor rata-rata aspek pengetahuan pada masing-masing siswa. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Carl Pearson. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,283 dengan p < 0,01. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua yang diterima dengan prestasi belajar yang diraih. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua yang diterima, maka semakin tinggi prestasi belajar. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > Social Support |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 01:42 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 01:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/7328 |
Actions (login required)
View Item |