HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

PUTRA, ADITYA PRATAMA (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - COVER.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.40.0157 Aditya Pratama Putra - LAMPIRAN.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar”. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua yang diterima, maka semakin rendah prestasi belajar siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV B, V A, dan VI A SD Kanisius Tlogosari Kulon Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala pada variabel dukungan sosial orangtua dan metode dokumentasi yang menggunakan nilai rapor rata-rata aspek pengetahuan pada masing-masing siswa. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Carl Pearson. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,283 dengan p < 0,01. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua yang diterima dengan prestasi belajar yang diraih. Semakin tinggi dukungan sosial orangtua yang diterima, maka semakin tinggi prestasi belajar. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > Social Support
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 24 Feb 2016 01:42
Last Modified: 24 Feb 2016 01:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item