PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PELESTARIAN PENYU UNTUK KALANGAN REMAJA HINGGA DEWASA DIKEMAS DALAM BENTUK ANIMASI 2D

WIRYATAMA .S, YACOBUS (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PELESTARIAN PENYU UNTUK KALANGAN REMAJA HINGGA DEWASA DIKEMAS DALAM BENTUK ANIMASI 2D. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO daftar pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.13.0090 YACOBUS WIRYATAMA SISWANTO lampiran.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Indonesia mempunyai beberapa kelebihan yaitu antara lain Indonesia memiliki daerah yang tropis,sehingga mempunyai berbagai macam hewan dan tumbuhan. Memiliki perairan yang luas dikarenakan Indonesia terdiri dari pulau-pulau, sehingga cocok untuk tempat tinggal dari hewan laut. Penyu merupakan salah satu hewan laut yang sampai sekarang masih ada pemburuan liar dan perdagangan liar, padahal penyu merupakan sebuah kebanggaan Indonesia karena penyu merupakan spesies langka. Metode yang digunakan untuk merancang sebuah Animasi, yaitu melalui Studi Literatur dimana dibutuhkan data-data yang spesifik berdasarkan dari yang ahli yaitu IUCN Redlist. Yang kemudian diteliti jika Indonesia ini memang merupakan tempat tinggal para penyu untuk berkembangbiak. Dan pemburuan liar-pun terjadi di Indonesia. Dilakukan metode kuesioner untuk mengetahui dimana, kalangan remaja hingga dewasa mengenali keberadaan penyu. Animasi 2D-pun memiliki konsep yang akhirnya sesuai dengan membuat orang lebih tertarik yaitu dengan menggabungkan antara pengetahuan dan ajaran dengan komedi dan lawakan. Dengan cara penyampaian yang santai layaknya berbicara dengan teman sendiri atau sedang bercerita. Dan disampaikan dengan satu arah dimana dalam animasi hanya ada 1 tokoh animasi yang berbicara dengan penonton untuk mengajak dan memberi pengetahuan tentang penyu. Jika dilihat dari segi pengetahuan cukup baik karena dapat menyampaikan sebuah ilmu pengetahuan dengan memasukkan kedalam sosial media layaknya facebook dan youtube karena mengetahui sekarang gadget sudah rata-rata dimiliki oleh kalangan remaja hingga dewasa. Jadi untuk itu perancangan inipun terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Adolescence
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 07 Dec 2015 05:02
Last Modified: 07 Dec 2015 05:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item