Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online di Semarang (Studi Kasus Pada OLX.co.id Cabang Semarang

YUGISTHA, RIZKY ARNANDO (2014) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online di Semarang (Studi Kasus Pada OLX.co.id Cabang Semarang. Other thesis, PRODI ILMU HUKUM UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
08.20.0034 Rizky Arnando COVER.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.20.0034 Rizky Arnando BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
08.20.0034 Rizky Arnando BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
08.20.0034 Rizky Arnando BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
08.20.0034 Rizky Arnando BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.20.0034 Rizky Arnando DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin maju membuat perdagangan dapat dilakukan melalui teknologi yang berkembang dengan perdagangan elektronik yang disebut dengan e-commerce. Dalam perkembangan saat ini banyak bermunculan online shop. Banyak online shop yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Hal ini tentu merugikan pembeli. Namun konsumen dalam hal ini jarang melaporkan adanya kerugian yang ditimbulkan ini dan hanya menerima akibat yang ditimbulkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya konsumen yang merasa tidak puas akan transaksi jual beli online pada OLX.co.id. Ketidakpuasan ini karena konsumen ada yang menerima barang cacat ataupun rusak namun tidak mendapatkan penggantian dari pihak OLX.co.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen berkaitan dengan transaksi jual beli online shop “OLX.co.id” Cabang Semarang dan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen transaksi jual beli online “OLX.co.id” Cabang Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu menekankan pada proses pemahaman peneliti atas perumusan masalah untuk menkontruksikan sebuah gejala hukum yang komplek. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis karena dalam penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang perdagangan online shop “OLX.co.id” di Semarang dengan menganalisis hasil penelitian yang didapat, ditunjang dengan pengkajian teori-teori serta instrumen hukum yang relevan dengan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa perlindungan hukum bagi para pihak dalam perjanjian jual beli melalui media internet meliputi perlindungan hukum dalam perjanjian yaitu perlindungan hukum yang dibuat oleh pelaku usaha atau merchant dalam bentuk aturan yang telah disepakati kedua belah pihak dan perlindungan hukum yang berasal dari UUITE pasal 25 yang mengatur tentang privacy berupa data pribadi pelaku usaha dan customer. Hambatan-hambatan dalam transaksi di internet, khususnya mengenai cacat produk, informasi yang tidak jujur atau keterlambatan pengiriman barang dan umumnya mengenai pola pikir, minat dan kultur atau budaya masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication
Depositing User: Mrs Fransiska Septiana
Date Deposited: 27 Aug 2015 10:53
Last Modified: 27 Aug 2015 10:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item