PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA PADA SISWA KELAS 5 SD

KESUMA, YULIANA PUTRI (2015) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA PADA SISWA KELAS 5 SD. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (BAB V avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text (BAB VI)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.40.0033 Yuliana Putri Kesuma - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan monopoli terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Jawa krama pada siswa kelas 5 SD. Subyek penelitian adalah 16 siswa kelas 5 SD “X” yang memiliki IQ tergolong rata-rata menggunakan tes CFIT. Alat ukur yang digunakan adalah pre-test dan post-tes. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode Mann Whitney Test. Skor Z yang diperoleh dari perhitungan post-test kelompok kontrol-eksperimen pada aspek reseptif adalah -3,409 dengan p<0,01 dan pada aspek ekspresif adalah -3,429 dengan p<0,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan monopoli meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa krama siswa kelas 5 SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
600 Technology (Applied sciences)
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 15 Oct 2015 05:39
Last Modified: 17 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item View Item