PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PELABELAN PRODUK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus : Label Produk Bandeng Hermon di Semarang)

Sari, Andriana Kartika (2012) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PELABELAN PRODUK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus : Label Produk Bandeng Hermon di Semarang). Other thesis, Prodi Ilmu Hukum UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB IV)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.20.0045 Adriana Kartika Sari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pangan merupakan hal yang penting dalam kehidupak manusia. Tersedianya pangan yang tercukupi akan membawa kesejahteraan bagi manusia. Jaman dahulu pangan dibungkus dengan daun pisang. Perkembangan jaman yang pesat membuat pangan harus dibungkus dengan apik agar mendorong minat masyarakat dalam pembelian. Salah satu penyebab makanan tidak terlihat menarik karena tidak mencantumkan label. label merupakan penanda suatu kemasan makanan. Label memuat informasi yag diperlukan oleh konsumen dan menjadi media komunikasi dengan pelaku usaha. Namun salah satu pelaku usaha tidak mencantumkan informasi yang seharusnya dicantumkan. Oleh karena itu penulis memilih judul “Pelaksanaan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen berkaitan dengan Pelabelan Produk ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus : Label Produk Bandeng Hermon di Semarang)”. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode yang menekankan proses pemahaman masalah untuk mengetahui gejala hukum yang timbul. Pencarian data dilakukan dengan observasi dan wawancara ke beberapa narasumber dan data yang didapatkan akan diolah dan dianalisis dan akan disusun menjadi bentuk uraian. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab apa yang akan pelaku usaha pepes bandeng merek HERMON berikan kepada konsumen terhadap kerugian yang timbul dari kesalahan label dan hambatan yang dialami oleh pelaku usaha dalam pemenuhan kriteria pada pelabelan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan tanggung jawab dari pelaku usaha kurang maksimal karena dalam ganti rugi pelaku usaha hanya dilakukan apabila pelaku usaha terbukti bersalah dan pada label bandeng merek HERMON tidak sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan hal tersebut menyebabkan konsumen dirugikan. Hambatan yang ditemui oleh pelaku usaha dalam pemenuhan kriteria pelabelan ternyata juga berasal dari banyak sisi. Selain dari pelaku usaha, konsumen dan pemerintah juga berpotensi dalam menghambat pemenuhan label tersebut. Dari sisi konsumen, konsumen yang dirugikan tidak complaint sehingga pelaku usaha tidak mengetahui kesalahan dalam pelabelan, dan dari sisi pemerintah, pemerintah tidak bisa bersikap tegas dan konsisten dalam pelaksanaan peraturan. Kata kunci : Label, Pelaku Usaha, Konsumen, tanggung jawab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Consumer law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 29 Sep 2015 02:07
Last Modified: 29 Sep 2015 02:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item