PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, KOMPETENSI, TEKANAN WAKTU, RISIKO AUDIT, DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang)

LINGGA, KIARA ROSA (2024) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, KOMPETENSI, TEKANAN WAKTU, RISIKO AUDIT, DAN KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-DAPUS_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19.G1.0122 -KIARA ROSA LINGGA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah skeptisisme profesional berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan, (2) Untuk mengetahui apakah kompetensi berpengaruh positif terhadap pendeteksian kecurangan, (3) Untuk mengetahui apakah tekanan waktu berpengaruh negatif terhadap pendeteksian kecurangan, (4) Untuk mengetahui risiko audit berpengaruh positif terhadap pendeteksian kecurangan, (5) Untuk mengetahui apakah komitmen profesional berpengaruh positif terhadap pendeteksian kecurangan. Penelitian ini menggunakan 42 sampel auditor dari KAP di Kota Semarang dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Alat yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang dimana sebelumnya telah dilakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji fit model, dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Skeptisisme profesional berpengaruh negatif terhadap pendeteksian kecurangan. Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh (Lovita dan Rustiana, 2018). (2) Kompetensi berpengaruh tidak berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh (Meidiyustiani dan Lestari, 2023). (3) Tekanan waktu tidak berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh (Anggriawan, 2014). (4) Risiko audit berpengaruh negatif terhadap pendeteksian kecurangan. (5) Komitmen profesional berpengaruh positif terhadap pendeteksian kecurangan. Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh (Pratiwi, dkk, 2018). Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya auditor lebih meningkatkan audit judgment, KAP lebih meningkatkan pengendalian untuk meminimalisir adanya penerimaan perilaku disfungsional auditor, dan sebaiknya peneliti lain menambahkan faktor eksternal yang kemungkinan berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah kurangnya korelasi antara kasus dan pernyataan kuesioner variabel dependen yang digunakan dalam penelitian yang menyebabkan responden kurang memahami maksud dari kuesioner. Kata Kunci : Pendeteksian Kecurangan, Skeptis, Kompeten, Tekanan, Risiko, Komitmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr. Jodi Armanto
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:15
Last Modified: 12 Jun 2024 04:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35652

Actions (login required)

View Item View Item