PENGARUH PERUBAHAN LOGO SCU TERHADAP BRAND IMAGE UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA

SINDHUNATA, KHO KORINTUS SAMUEL (2023) PENGARUH PERUBAHAN LOGO SCU TERHADAP BRAND IMAGE UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - DAFPUS.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
19.L1.0071 - KHO KORINTUS SAMUEL SINDHUNATA - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

ABSTRAK Corporate rebranding adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengubah citra (persepsi-diri) dan/atau mencerminkan perubahan identitas (inti-diri). Dengan kata lain perusahaan menawarkan sebuah konsep yang sedikit berbeda daripada merek yang telah dipublikasikan sebelumnya. Oleh karena itu, pendorong utama terjadinya rebranding adalah suatu peristiwa, atau proses yang menyebabkan perubahan dalam struktur, strategi, atau kinerja perusahaan yang cukup besar untuk mengambil keputusan mengenai perlunya pendefinisian ulang yang mendasar dari identitas perusahaan tersebut. Sebagai suatu Institusi Pendidikan yang memiliki keinginan untuk mengubah citranya di kalangan masyarakat, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang mengambil langkah untuk melakukan rebranding. Keputusan untuk melakukan rebranding dapat disebabkan oleh berbagai alasan yaitu perkembangan usaha sampai ke ranah internasional, manajemen yang baru, atau perubahan terhadap citra yang dianggap sudah ketinggalan zaman sehingga memerlukan suatu penyesuaian. Berdasarkan atas latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh perubahan logo SCU terhadap brand image Universitas Katolik Soegijapranata, sedangkan hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti pada penelitian ini adalah perubahan logo berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian deskriptif. Empat teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti terdiri dari observasi, kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden, studi pustaka, dan dokumentasi. Teori yang menjadi pedoman dalam penelitian ini adalah teori rebranding, teori brand image, dan teori logo. Ada tiga hasil penelitian hasil penelitian yang peneliti peroleh, hasil yang pertama yaitu perubahan logo masuk dalam kategori sangat sukses dan brand image masuk dalam kategori sangat sukses. Hasil penelitian yang kedua adalah variabel perubahan logo berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel brand image Universitas Katolik Soegijapranata. Hasil penelitian yang ketiga menyatakan bahwa variabel perubahan logo berpengaruh memiliki hubungan yang kuat dengan brand image. Kata kunci : rebranding, brand image, logo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Image
300 Social Sciences
300 Social Sciences > 330 Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 13 May 2024 02:36
Last Modified: 13 May 2024 02:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35351

Actions (login required)

View Item View Item