Komunikasi Politik Calon Anggota DPD RI Melalui Media Sosial Di Pemilu 2019

Pandiangan, Andreas (2019) Komunikasi Politik Calon Anggota DPD RI Melalui Media Sosial Di Pemilu 2019. In: Komunikasi Politik di Indonesia. Buku Litera, Yogyakarta, pp. 147-156. ISBN 978-602-5681-49-3

[img]
Preview
Text
2019-Aspikom-Komunikasi politik calon anggota DPD RI.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bermaksud mendalami bagaimana calon anggota DPD RI di 6 daerah pemilihan di pulau Jawa melakukan komunikasi politik guna menyakinkan pemilih melalui media sosial agar memilihnya di Pemilu 2019. Proses pendalaman tersebut merupakan bagian awal penelitian komunikasi politik calon Anggota DPD RI di Pemilu 2019. Hanya 47.20 % menggunakan media sosial sebagai alat kampanye. Isi komunikasi politik difokuskan pada 4 bulan pertama masa kampanye pada media sosial calon anggota DPD RI. Temuan sementara, isi komunikasi politik calon anggota DPD RI melalui media sosial lebih didominasi citra diri ketimbang substansi materi kampanye. Cenderung mengabaikan visi, misi dan program calon sebagai isi komunikasi politik guna memikat calon pemilih, sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 320 Political science
300 Social Sciences > 320 Political science > 323 Civil & political rights > Election
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Andreas Pandiangan
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:24
Last Modified: 13 Mar 2024 02:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34884

Actions (login required)

View Item View Item