VISUAL NOVEL CERITA RAKYAT "BATU BATUNGKAT" UNTUK MENYAMPAIKAN NILAI BUDAYA KALIMANTAN

RAHARJO, DEAN PAUL PRATAMA PUTRA (2023) VISUAL NOVEL CERITA RAKYAT "BATU BATUNGKAT" UNTUK MENYAMPAIKAN NILAI BUDAYA KALIMANTAN. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - COVER_a.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - DAPUS_a.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
17.N2.0012-Dean Paul Pratama Putra Raharjo - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menjadi salah satu negara di Dunia yang memiliki keberagaman budaya paling banyak yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia memiliki banyak suku-suku yang mempunyai kebudayaan mereka masing-masing, oleh sebab itulah kurangnya literasi budaya menjadi hal yang biasa di Indonesia. Salah satunya adalah Suku Dayak yang berada di pulau Kalimantan atau yang sering disebut sebagai pulau Borneo. Suku Dayak ini adalah salah satu suku yang cukup tidak diketahui oleh banyak masyarakat Indonesia tidak seperti suku-suku lainnya. Oleh karena itu penulis menyusun dan mengembangkan Visual Novel sebagai media pembelajaran untuk menyebarkan literasi Kebudayaan Suku Dayak terhadap masyarakat Indonesia. Visual Novel ini akan berdasarkan dari sebuah cerita rakyat terkenal di Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Kudangan, Kabupaten Lamandau. “Batu Batungkat” merupakan judul dari cerita tersebut dan dengan cerita rakyat itu penulis mengembangkan game yang bernama Visual Novel “Batu Batungkat”. Visual Novel “Batu Batungkat” mempunyai gameplay interaktif dan unik bagi pemainnya dan dari segi cerita serta plot yang sudah disusun pemain akan menjelajahi tema yang telah ditawarkan game ini. Selama memainkan Visual Novel “Batu Batungkat” pemain akan disuguhi oleh trivia-trivia yang akan muncul di tengah game. Diharapkan dengan adanya Visual Novel “Batu Batungkat” pemain bisa memahami lebih dalam yang namanya literasi budaya, terutama Kebudayaan Suku Dayak. Selain itu diharapkan pemain bisa merasa bahwa cerita dan trivia-trivia yang ada terasa menyenangkan dan memuaskan sehingga bisa diterima di masyarakat Indonesia lebih luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:47
Last Modified: 06 Oct 2023 01:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33123

Actions (login required)

View Item View Item