ANALISIS PENERAPAN PESAN PERSUASIF PADA COPYWRITING DI WEBSITE APPLE INDONESIA

WIJAYA, RIO SANKAZI (2023) ANALISIS PENERAPAN PESAN PERSUASIF PADA COPYWRITING DI WEBSITE APPLE INDONESIA. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-COVER_a.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-DAPUS_a.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0046-RIO SANKAZI WIJAYA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)

Abstract

Perkembangan bisnis iklan digital yang sebelumnya dikuasai oleh duopoli Google dan Meta, kini mendapat pemain baru, yakni Apple. Apple mulai merambah bisnis iklan digital dengan menambah lebih banyak slot iklan pada platform mereka. Berbicara tentang iklan digital, satu hal yang menjadi menarik adalah Apple telah lama dikenal piawai dalam mengemas iklan mereka, salah satu yang menarik adalah copywriting yang mereka ciptakan. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pesan persuasif pada copywriting Apple Indonesia yang terdapat pada laman website mereka. adapun tolak ukur yang digunakan yakni elemen copywriting, jenis copywriting dan struktur pesan persuasif. Jenis metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa, elemen copywriting yang digunakan pada 4 laman objek yang terdapat pada website apple indonesia meliputi headlines, subheadlines, body copy, dan slogans. Dari 13 jenis copywriting yang ada, peneliti menemukan ada 5 jenis copywriting yang digunakan, yakni story copy, you and me copy, factual copy, poetic copy, dan visual copy. Adapun struktur pesan persuasif yang digunakan menggunakan jenis message sidedness berupa one sided (satu sisi), order of presentation dengan jenis anticlimax serta penarikan kesimpulan (conclusion drawing) secara langsung dan jelas explicit. Kata Kunci: Iklan Digital, Apple, Copywriting, Pesan Persuasif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:59
Last Modified: 05 Nov 2024 06:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item