PERANAN LSM YAYASAN KAKAK DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rosalind, Auxentia Andrea Natha Niela (2022) PERANAN LSM YAYASAN KAKAK DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-COVER_a.pdf

Download (497kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-BAB I_a.pdf

Download (263kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-BAB III_a.pdf

Download (329kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-BAB IV_a.pdf

Download (170kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-DAPUS_a.pdf

Download (242kB)
[img] Text
18.C1.0023-Auxentia Andrea Natha Niela Rosalind-LAMP_a.pdf

Download (309kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat kasus kekerasan terhadap anak semakin sering terjadi, perlindungan yang akan diberikan terhadap anak sebagai korban tidak dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin dikarenakan adanya pembatasan kegiatan. Dalam memberikan perlindungan hukum di Kota Surakarta terdapat Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Kepedulian untuk Anak (KAKAK) yang bergerak dalam isu perlindungan anak. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan Yayasan KAKAK dan faktor-faktor penghambat dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak korban kekerasan seksual. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif, yaitu metode yang menekankan proses pemahaman peneliti atas perumusan maslah untuk mengkontruksikan sebuah gejala hukum yang kompleks. Penulis melakukan wawancara dengan staf Yayasan KAKAK lalu melakukan analisa berdasarkan peraturan yang sesuai. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis dan pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan melakukan wawancara kepada Pengurus Yayasan KAKAK, sebagai pihak yang memberikan perlindungan terhadap anak yang mengalami kekerasan seksual dan data sekunder berupa perundang-undangan yang terkait dengan perlindungan anak dana kekerasaan seksual terhadap anak, jurnal dan buku yang terkait dengan perlindunan anak dan kekerasan seksual terhadap anak, serta ensiklopedia dan kamus hukum yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian, Yayasan KAKAK memiliki peranan sebagai lembaga yang memberikan perlindungan hukum berupa pendampingan secara psikologis dan pendampingan dalam berproses hukum terhadap anak korban kekerasan seksual yang terjadi di Kota Surakarta. Dalam memberikan pendampingan terhadap korban terdapat faktor-faktor yang menghambat, berupa faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal berupa penolakan dari pihak orangtua untuk membawa korban ke psikolog serta kurangnya waktu dari orangtua untuk mengikuti proses hukum dan faktor internal dari Yayasan KAKAK yang kekurangan staf yang dimiliki untuk menangani kasus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:10
Last Modified: 06 Dec 2022 02:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30271

Actions (login required)

View Item View Item