PEMASARAN HIJAU DAN SUMBER DAYA MANUSIA HIJAU PADA PERUSAHAAN PROPER DI SEMARANG

AGUSTINI, MARIA YOSEPHINE DWI HAYU and FERIJANI, AGATHA PEMASARAN HIJAU DAN SUMBER DAYA MANUSIA HIJAU PADA PERUSAHAAN PROPER DI SEMARANG. FMI 13 Tahun 2021.

[img]
Preview
Text
FMI13 2021 Makassar-Pemasaran & SDM Hijau.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pemasaran & SDM Hijau.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan dapat menggunakan aspek “hijau” sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang mendapatkan penghargaan proper dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan ini menunjukkan bahwa perusahaan dinilai telah melakukan kegiatan usahanya dengan mengelola lingkungan secara baik. Penelitian melihat apakah perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan aspek hijau kegiatan usahanya di dalam strategi pemasarannya. Oleh karena SDM merupakan faktor yang memungkinkan terjadinya praktek hijau, maka kontribusi manajemen SDM terhadap praktek hijau tersebut juga dianalisis. Data sekunder dari 22 perusahaan manufaktur proper biru di Semarang dianalisis dengan NVivo untuk mengetahui aktivitas pemasaran dan pengelolaan SDM untuk kemudian ditentukan seberapa hijau strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut diidentifikasi dengan model strategi pemasaran hijau yang mencakup empat jenis strategi pemasaran. Hasil menunjukkan perusahaan belum menerapkan strategi pemasaran hijau dan manajemen SDM hijau.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Dwi Hayu Agustini
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:37
Last Modified: 24 Nov 2022 03:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29710

Actions (login required)

View Item View Item