PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA CABANG SEMARANG TERHADAP KONSUMEN POS EXPRESS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Susilo, Petricia Natalia (2009) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA CABANG SEMARANG TERHADAP KONSUMEN POS EXPRESS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Other thesis, Prodi Ilmu Hukum UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.20.0013 Petricia Natalia COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.20.0013 Petricia Natalia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
05.20.0013 Petricia Natalia BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
05.20.0013 Petricia Natalia BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
05.20.0013 Petricia Natalia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.20.0013 Petricia Natalia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pos dan kurir, pengiriman surat, dokumen dan barang tidak mesti semulus yang diharapkan oleh konsumen. Misalnya konsumen mendapatkan barang kirimannya rusak atau terlambat diterima, tidak sesuai yang diperjanjikan sehingga konsumen menjadi pihak yang dirugikan karena tidak mendapat layanan yang maksimal seperti yang dijanjikan oleh pihak pemberi layanan atau jasa. Oleh karena itu sudah seharusnya perusahaan jasa pos memberikan jaminan dan bersedia bertanggung jawab terhadap semua kemungkinan yang dapat terjadi. Dalam pelaksanaannya, perusahaan pos memiliki kebijakan sendiri dalam menanggapi ketidakpuasan konsumen. Tetapi, kadangkala kebijakan yang diambil belum dapat diimplementasikan sesuai dengan harapan konsumen, sehingga seringkali menimbulkan banyak klaim dari konsumen, maka penulis tertarik untuk menyusun penelitian dengan judul PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA CABANG SEMARANG TERHADAP KONSUMEN POS EXPRESS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Metode yang digunakan penulis adalah kualitatif yaitu metode yang menekankan proses pemahaman penelitian atas perumusan masalah untuk mengkonstruksikan sebuah gejala hukum yang kompleks dan holistic. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan tanggung jawab PT Pos Indonesia cabang Semarang pada layanan Pos Express? (2) Faktor-faktor apakah yang menghambat pelaksanaan tanggung jawab PT Pos Indonesia cabang Semarang pada layanan Pos Express? Dari hasil penelitian yang penulis dapatkan, pelaksanaan tanggung jawab yang dilakukan Pos Express merupakan upaya Pos Express dalam memberikan ganti rugi atas kerugian yang diderita konsumen akibat pemakaian jasa yang diberikan. Ketentuan ganti rugi yang diberlakukan telah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan Pos Express. Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan tanggung jawab Pos Express terbagi dalam tiga kategori, antara lain: (1) faktor konsumen yakni konsumen kurang/belum mengerti akan hak mereka, karena kurang informasi sehingga tidak melapor jika ada komplain, (2) faktor pelaku usaha yakni kurangnya kedisiplinan dari masing-masing pegawai dalam mempertanggung jawabkan pekerjaannya, dan (3) faktor teknologi yaitu komputer digunakan untuk menyimpan data, dan jika di komputer itu terdapat gangguan maka hal ini akan menyulitkan proses berjalannya tanggung jawab Pos Express dalam menangani klaim konsumen. Kata kunci : Pos, Tanggung Jawab, Ganti Rugi, Konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Consumer law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:25
Last Modified: 17 Sep 2015 12:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item