ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PIUTANG (TUNGGAKAN) PEMBAYARAN SISWA DI YAYASAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI YAYASAN PENDIDIKAN X)

Wijaya, Eunike Meilinda (2022) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PIUTANG (TUNGGAKAN) PEMBAYARAN SISWA DI YAYASAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI YAYASAN PENDIDIKAN X). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-COVER_a.pdf

Download (448kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-BAB I_a.pdf

Download (904kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-BAB III_a.pdf

Download (324kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-BAB IV_a.pdf

Download (689kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-BAB V_a.pdf

Download (325kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-DAPUS_a.pdf

Download (222kB)
[img] Text
16.G2.0002-Eunike Meilinda Wijaya-LAMP_a.pdf

Download (980kB)

Abstract

Kerangka sistem pengendalian Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO) telah digunakan oleh banyak entitas untuk mengevaluasi desain dan efektivitas pengendalian internal entitas. Lingkungan pengendalian menurut COSO adalah sekumpulan standar, proses dan struktur yang memberikan dasar untuk melaksanakan pengengendalian internal di seluruh organisasi. Pada Yayasan Pendidikan X, perbandingan antara pelaporan audit internal dengan kenaikan pendapatan pada pelaporan keuangan tahunan tidak sebanding, dikarenakan kenaikan pendapatan tidak diimbangi dengan pengendalian internal yang terjadi di unit kerja sehingga terjadi penyelewengan. Untuk mengurai permasalahan tersebut, peneliti menganalisis sistem pengendalian internal mengenai piutang pada penerimaan siswa baru dan mengevaluasi kebutuhan sistem pengendalian internal penerimaan siswa baru sebagai bagian desain anti fraud. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara, rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling dengan stratified purposive sampling. Analisis data wawancara dengan teknik pengkodean dan menggunakan software N-Vivo. Analisis hasil penelitian ini menemukan sistem pengendalian internal mengenai piutang/tunggakan belum efektif, masih memungkinkan terjadinya penyelewengan atau fraud dan juga tunggakantunggakan piutang. Hasil Evaluasi, perlu pembenahan secara sistematis dalam sistem penerimaan siswa baru terkait dengan SDM, integrasi sistem, data pada sistem keuangan dan pengolahan data, dan kontrol dari korektor. Dari analisis dan evaluasi, saran peneliti: Unit sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan X yang memiliki beragam jalur penerimaan peserta didik (jalur akademik, jalur olah raga, dan jalur lainnya) memiliki ketentuan masing-masing berdasar karakteristik unit kerja. Ketentuan dalam penerimaan peserta didik baru mulai dari materi tes, biaya pendaftaran, biaya studi, komponen biaya studi, dan beasiswa menjadi otoritas bagi unit kerja. Kewenangan kantor pusat Yayasan Pendidikan X lebih mengatur pada mekanisme pembayaran penerimaan peserta didik baru dalam sebuah sistem yang terintegrasi hingga piutang/tunggakan siswa Yayasan Pendidikan X dapat teridentifikasi dan terekam dalam sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Manajemen berbasis jaringan internet perlu memperhatikan kesulitan infrastruktur unit kerja di daerah padalaman yang tidak ada jaringan internet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:49
Last Modified: 24 Jun 2022 06:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item View Item