PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI WILAYAH KOTA SEMARANG

NOPADIANTO, GLORY (2009) PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI WILAYAH KOTA SEMARANG. Other thesis, Prodi Ilmu Hukum UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.20.0046 Glory Nopadianto COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.20.0046 Glory Nopadianto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.20.0046 Glory Nopadianto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.20.0046 Glory Nopadianto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
04.20.0046 Glory Nopadianto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.20.0046 Glory Nopadianto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu bahwa anak sebagai bagian dari generasi muda merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya manusia bagi pembangunan nasional. Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dan negara, diperlukan pembinaan secara terus menerus demi kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, sosial dan perlindungan haknya dalam bidang pendidikan, dalam hal ini dikdas Sembilan tahun. Namun situasi pendidikan anak di Indonesia akhir-akhir ini tidak dapat dilepaskan dari berbagai kemerosotan dan ketidakpastian yang melanda negeri ini yang berdampaik dengan masih banyak anak usia wajib belajar Sembilan tahun yang putus sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengambil judul “ Pelaksanaan Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Di Wilayah Kota Semarang” Dalam penulisan hukum ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif, khusus dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemenuhan hak anak atas pendidikan dasar Sembilan tahun di wilayah kota Semarang. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu hasil dari penelitian yang diperoleh memberikan gambaran atau realita mengenai pelaksanaan pelaksanaan pemenuhan hak anak atas pendidikan dasar Sembilan tahun di wilayah kota Semarang sedangkan metode pengumpulan data ialah menggunakan data primer dan data sekunder, kemudian dianalisa dan disajikan. Dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa upaya pelaksanaan pemenuhan hak anak atas pendidikan dasar Sembilan tahun di wilayah kota Semarang, yaitu meliputi aspek-aspek pelaksanaan program yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota semarang untuk pemenuhan hak anak atas pendidikan dasar di Kota semarang seperti Kejar paket A, B, dan C, Beasiswa miskin, Bantuan sosial, Bantuan yatim piatu ditujukan bagi anak-anak yang putus sekolah, serta Dana BOS, Sekolah Gratis, Bantuan dari pihak ke 3 (donatur), ditujukan untuk anakanak yang masih sekolah, serta sosialisasi penyuluhan arti pentingnya pendidikan dasar Sembilan tahun dan juga mengenai hambatan-hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pemenuhan hak anak atas pendidikan dasar Sembilan tahun seperti motivasi belajar rendah dan tingkat ekonomi masyarakat yang rendah. Kata Kunci : Pendidikan Dasar Sembilan Tahun ; Kota Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:30
Last Modified: 17 Sep 2015 12:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item