PELAKSANAAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN USAHA WARALABA DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA / ALFAMART)

Manurung, Haswer Boris (2010) PELAKSANAAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN USAHA WARALABA DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA / ALFAMART). Other thesis, Prodi Ilmu Hukum UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (BAB IIAvailable Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text (BAB IV)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.20.0044 Haswer Boris Manurung DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni bahwa usaha waralaba semakin marak dengan masuknya waralaba asing dengan mengusung berbagai sektor industri bisnis sehingga waralaba lokal terus mengembangkan usahanya. Namun, pertumbuhan waralaba lokal relatif lambat pertumbuhannya karena lemahnya hal-hal yang fundamental (mendasar) yaitu merk, system, dan unit pendukung. Sehingga diperlukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha waralaba yang dilakukan pemerintah secara bersama-sama dengan para pelaku usaha untuk diberi kesempatan yang sama sesuai dengan usaha dan kontribusi yang adil dalam melakukan aktivitas perekonomian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, khusus dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba di Kota Semarang. Metode ini bertujuan untuk mengerti dan memahami gejala hukum yang akan diteliti dengan menekankan pada pemahaman permasalahan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba di Kota Semarang. Sedangkan metode pengumpulan data adalah menggunakan data primer dan data sekunder, kemudian dianalisa dan disajikan. Pada penelitian dibahas mengenai pelaksanaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba, yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidangnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelengaraan Waralaba. Pada pelaksanaan pembinaan dan pengawasan dilakukan, Alfamart sebagai suatu usaha waralaba di bawah naungan PT. Sumber Alfaria Trijaya/ Alfamart bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Kota Semarang melaksanakan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba dengan cara sosialisasi langsung dan pembinaan perijinan. Hambatan/kendala yang selama ini terjadi pada pelaksanaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba adalah dana alokasi anggaran dan pendapatan belanja daerah (APBD) Jawa Tengah dilakukan secara bersama-sama sehingga untuk kota dan kabupaten masih belum ada dana anggarannya, sumber daya manusia (SDM) masih belum ada yang profesional dan handal di bidang pembinaan dan pengawasan usaha waralaba di Kota Semarang. Adapun kesimpulan yang dapat penulis berikan untuk tercapainya pelaksanaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba di kota Semarang adalah pelaksaan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba yang berupa sosialisasi langsung dan pembinaan perijinan yang dilakukan masih belum sesuai dengan isi dan maksud Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 31/MDAG/ PER/8/2008 tentang Penyelengaraan Waralaba. Sedangkan saran yang dapat penulis berikan adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang diharapakan dapat melaksanakan pembinaan dan pengawasan usaha waralaba sesuai peraturan yang berlaku baik tentang waralaba dan penyelenggara waralaba, dan dari pelaku usaha hendaknya mengetahui bagaimana pembinaan dan pengawasan usaha waralaba guna perkembangan usaha waralaba di Kota Semarang Kata Kunci : Pelaksanaan, Pembinaan dan Pengawasan, Usaha Waralaba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:30
Last Modified: 17 Sep 2015 12:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item