ANALISA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA USAHA IMK SEKTOR OLAHAN MAKANAN DI KABUPATEN SEMARANG

WIBOWO, BONIFATIUS JUNIANTO and SUPRIYANTO, IGNATIUS and KURNIASARI, WIDURI ANALISA PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA USAHA IMK SEKTOR OLAHAN MAKANAN DI KABUPATEN SEMARANG. In: Desiminasi Hasil Penelitian P3M FEB Unika Soegijapranata 2019/2020, 9 Pebruari 2021, Gedung Yustinus FEB Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
PPT (materi) Conf Penelitian Lit Keu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran Industri Mikro dan Kecil (IMK) sektor olahan makanan di Kabupaten Semarang cukup penting, yaitu sebagai penggerak roda perekonomian, khususnya yang ada di daerah. Kabupaten Semarang. Potensinya cukup besar, karena yang mengusahakan semakin banyak, terutama setelah krisis ekonomi dan moneter yang mengakibatkan terjadinya penutupan pabrik dan pemutusan hubungan kerja. Sebagai IMK yang memiliki potensi dalam memajukan ekonomi daerah Kabupaten Semarang, tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada sebagaimana halnya yang dihadapi pelaku UMKM pada umumnya. Permasalahan tersebut terutama masalah keuangan dan manajemen. Kedua hal tersebut dapat berpengaruh terhadap performance atau kinerja usahanya, Sehubungan dengan hal itu, maka perlu dilakukan suatu kajian melalui penelitian mengenai pengaruh literasi keuangan dan kemampuan manajerial terhadap kinerja usaha IMK sektor olahanan makanan di Kabupaten Semarang. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk memperkuat keuangan usaha maupun manajemen usaha IMK melalui peningkatan pengetahuan maupun ketrampilan dalam keuangan dan manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 pelaku IMK sektor olahan makanan di Kabupaten Semarang. Data yang diperlukan berupa data primer terkait dengan literasi keuangan, kemampuan manajerial dan kinerja usaha. Data tersebut diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 30 pelaku IMK sebagai responden. Tehnik analisa yang dipergunakan berupa tehnik kuantitatif melalui regresi berganda, yang kemudian dilakukan uji t dan uji f. Sementara, tehnik deskriptif kualitatif dilakukan untuk analisa faktor yang menentukkan variabel literasi keuangan, kemampuan manajerial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kemampuan manajerial berpengaruh terhadap variabel kinerja usaha, sedangkan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh. Namun, secara simultan variabel literasi keuangan dan kemampuan manajerial berpengaruh terhadap kinerja usaha. Sementara, tingkat literasi keuangan ditentukkan oleh faktor pendidikan, usia, pengalaman usaha dan pendapatan. Sedangkan, kemampuan manajerial ditentukkan oleh faktor sumber daya, ketersediaan informasi, daya ingat, pengetahuan dan pengalaman, ketepatan dalam mendeteksi, kemampuan dalam menyesuaikan, kondisi usaha, resiko usaha dan ketergantungan usaha. Dari hasil temuan itu, maka disarankan pelaku IMK sektor olahan makanan untuk lebih memperkuat faktor-faktor tersebut. Alasannya karena faktor-faktor penyebab tersebut, yaitu yang menentukkan tingkat kemampuan manajerial secara tidak langsung mempengaruhi kinerja usahanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Money
300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:46
Last Modified: 02 Aug 2021 02:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item