Analisis Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ Dengan Perspektif Institutional Work dan Institutional Logics

Nugraheni, Bernadia Linggar Yekti Analisis Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ Dengan Perspektif Institutional Work dan Institutional Logics. Working Paper. Institut Akuntan Manajemen Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
PROSIDING-CFEP-2020-IAMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sistem ERP dalam mendukung proses pengambilan keputusan manajemen di PT XYZ dengan menggunakan teori institutional logics karena dibutuhkan penyesuaian antara logika ERP dengan logika kelembagaan, serta untuk mengetahui fungsi manajemen (aktor) dalam perubahan organisasi selama implementasi ERP dengan menggunakan teori institutional work. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara berbentuk semi-structured interviews dan dianalisis menggunakan NVivo. Penelitian ini menemukan bahwa penyelarasan antara logika ERP dengan logika kelembagaan di PT XYZ terjadi dari dua sisi yaitu sistem dikustomisasi sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan aktor organisasi melakukan perubahan agar sesuai dengan prosedur sistem ERP. Setiap aktor organisasi turut berperan melalui political, cultural dan technical work yang saling mendukung. Implementasi sistem ERP berperan dalam proses pengambilan keputusan karena mempermudah manajer untuk mengetahui kinerja perusahaan secara realtime sehingga manajer dapat menentukan langkah perencanaan dengan tepat. Penelitian ini diharapkan dapat menambah kajian mengenai dampak implementasi ERP yang bukan hanya berdampak terhadap perubahan sistem melainkan juga membawa perubahan pada organisasi, khususnya fungsi manajerial serta dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek-aspek institusional.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Ms Linggar Yekti Nugraheni
Date Deposited: 10 Feb 2021 00:59
Last Modified: 10 Feb 2021 00:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item View Item