PROPOSAL PENELITIAN :KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DITINJAU DARI KEBERSYUKURAN DAN TINGKAT RESILIENSI

Yudiati, Erna (2021) PROPOSAL PENELITIAN :KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DITINJAU DARI KEBERSYUKURAN DAN TINGKAT RESILIENSI. Working Paper. Unika Soegijapranata Press, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Proposal Penelitian-Gsl2021.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, yang memiliki permasalahan yang cukup kompleks. Membesarkan anak berkebutuhan khusus tersebut dapat membuat perubahan besar pada kehidupan orangtua, khususnya ibu. Ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus awalnya mengalami masa berduka, menolak, dan berlanjut hingga mencapai suatu tahap menerima kenyataan bahwa ia memiliki anak yang berbeda dengan anak normal. Ketika orangtua mengalami tahap-tahap tersebut, akan berpengaruh pada kesejahteraan psikologisnya. Pada masa berduka dan menolak, kesejahteraan psikologis orangtua akan menurun atau rendah bila dibandingkan ketika mereka sudah sampai tahap menerima kenyataan. Pada kondisi orangtua sudah sampai pada tahapan menerima kenyataan bahwa ia memiliki anak berkebutuhan khusus, maka dapat dikatakan orangtua tersebut memiliki resiliensi yang baik. Resiliensi sering kali dipandang sebagai sesuatu yang adaptif, atau sebagai tingkat kualitas ketahanan stress yang masih memungkinkan seseorang untuk berkembang meskipun masih berada dalam kesulitan tersebut. Selain proses resiliensi yang terjadi, orangtua anak berkebutuhan khusus itu juga akan mengalami rasa syukur bahwa mereka sudah memiliki anak, meskipun kondisinya berbeda dengan anak normal. Rasa syukur (kebersyukuran) dan Resiliensi ini akan membantu seseorang untuk mencapai kesejahteraan psikologis, tidak terkecuali orangtua anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkap dan menganalisa hubungan antara kebersyukuran dan resiliensi dengan kesejahteraan psikologis pada orangtua anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian ini adalah orangtua anak berkebutuhan khusus, yang berpendidikan minimal SMA, dan bersedia menjadi subjek penelitian. Subjek didapatkan dari sekolah atau pusat-pusat terapi untuk anak berkebutuhan khusus di Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada tiga skala yang akan diberikan kepada subjek penelitian. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kuantitatif, yaitu analisa regresi dua prediktor, dengan bantuan program statistical product and service solution (SPSS) 16.0 for windows.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Mental Processes and Intelligence
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotion and Feeling
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ms Erna Agustina
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:21
Last Modified: 13 Feb 2021 05:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23509

Actions (login required)

View Item View Item