Pengaruh Pendidikan Pemilik, Skala Usaha, Umur Usaha Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi pada UKM Batik Tulis Lasem)

Cansa, Yashica Julia (2020) Pengaruh Pendidikan Pemilik, Skala Usaha, Umur Usaha Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi pada UKM Batik Tulis Lasem). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-COVER_a.pdf

Download (788kB)
[img] Text (BAB I)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-BAB I_a.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-BAB III_a.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-BAB IV_a.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-BAB V_a.pdf

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-DAPUS_a.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.G1.0048-Yashica Julia Cansa-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Batik tulis Lasem merupakan salah satu ciri khas dari kota Lasem, maka banyak masyaakat di Lasem yang memiliki usaha Batik Tulis. Dalam menjalankan usahanya pemilik melakukan pencatatan mengenai pemasukan dan pengeluaran dalam usahanya. Karena dengan melakukan pencatatan secara rutin dapat membantu mereka untuk mengetahui perkembangan dalam usahanya. Latar belakang pendidikan pemilik sangatlah penting untuk mempengaruhi dalam melakukan pencatatan. Meskipun umur usaha mereka yang masih tergolong rendah dan juga jumlah omset yang didapatkan setiap tahunnya masih tergolong kecil, tetapi mereka sangat memahami betapa pentingnya pembukuan dalam menjalankan usahanya. Pemilik UKM memiliki motivasi yang tinggi untuk mempelajari mengenai pencatatan dalam akuntansi. Pemilik UKM mampu untuk mengatasi kondisi lingkungan eksternal yang mungkin dapat mempengaruhu kondisi internal usahanya seperti adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat dan juga adanya pembangunan infrastuktur yang dapat mempengaruhi proses pemasaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi dan juga untuk menguji apakah ketidakpastian lingkungan memperkuat hubungan antara variabel independen terhadap penggunaan informasi akuntansi. Variabel independen yang digunakan dala penelitian ini adalah pendidikan pemilik, skala usaha, umur usaha dan pengetahuan akuntansi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:18
Last Modified: 22 Jan 2021 06:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item View Item