ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA SEMARANG)

Irawan, Winona Vivian Ophelia (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-BAB I_a.pdf

Download (958kB)
[img] Text (BAB II)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-BAB III_a.pdf

Download (976kB)
[img] Text (BAB IV)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-BAB V_a.pdf

Download (949kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-DAPUS_a.pdf

Download (954kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.G1.0074-Winona Vivian Ophelia Irawan-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi menghasilkan sistem informasi yang berperan penting dalam dunia bisnis. Sistem informasi akuntansi khususnya telah menjadi peran yang sangat penting bagi perusahaan. Perusahaan mengikuti perkembangan teknologi dengan menggunakan sistem informasi akuntansi dan meninggalkan sistem manual agar informasi yang dihasilkan menjadi lebih efektif dan efisien. Penggunaan sistem informasi akuntansi juga dapat menghindari output informasi yang tidak akurat dan relevan serta mengurangi tingkat kesalahan yang mungkin dihasilkan jika menggunakan sistem manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan teknik personal sistem, keterlibatan pemakai dalam proses pengembangan sistem, dukungan manajemen puncak, program pelatihan dan pendidikan pemakai, serta formaliasi pengembangan sistem informasi terhadap kinerja aplikasi SIA pada karyawan akuntansi perusahaan perhotelan di kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada karyawan akuntansi pengguna aplikasi SIA pada perusahaan perhotelan di kota Semarang. Metode pengambilan sampel adalah secara non probabilitas dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan mengunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS 26, penelitian ini menunjukan bahwa: Kemampuan teknik personal sistem pengguna aplikasi SIA berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja aplikasi SIA, keterlibatan pemakai dalam proses pengembangan sistem tidak memiliki pengaruh positif terhadap kinerja aplikasi SIA, dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja aplikasi SIA, program pelatihan dan pendidikan pemakai tidak berpengaruh positif terhadap kinerja aplikasi SIA dan formalisasi pengembangan sistem informasi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja aplikasi SIA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:13
Last Modified: 22 Jan 2021 06:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item