Tata Tertib Sekolah yang Responsive Kekerasan/Bullying Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Anak Sekolah di Kota Semarang

SARASWATI, RIKA and HADIYONO, VENATIUS (2015) Tata Tertib Sekolah yang Responsive Kekerasan/Bullying Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Anak Sekolah di Kota Semarang. In: Seminar Hasil Penelitian, 18 September 2015, Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img]
Preview
Image
ST_pembicara seminar hasil penelitian(5)_001.jpg

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Tata Tertib Sekolah.doc

Download (294kB)

Abstract

Bullying atau perundungan marak terjadi di Indonesia. Hal ini mengancam hak-hak anak untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama belajar di sekolah, sementara di sisi lain belum semua sekolah memiliki tata tertib yang secara khusus mengatur tentang bullying/perundungan. Metode pendekatan menggunakan kualitatif, analisis dilakukan secara diskriptif. Mitra penelitian sejumlah Sembilan (9) Sekolah Menengah Atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terjadi di semua sekolah yang diteliti dan banyak terjadi antar siswa. Respon yang ditempuh siswa terhadap bullying yang terjadi sangat beragam, dan respon yang sering dilakukan adalah melaporkan kepada guru. Sekolah yang diteliti belum mengatur secara khusus bullying ke dalam tata tertib sekolah mereka. Upaya yang dilakukan untuk memberi saran agar terdapat perubahan dalam tata tertib sekolah melalui buku saku.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 370 Education
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: ms Rika Saraswati
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:19
Last Modified: 05 Jan 2021 14:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item View Item