PERANCANGAN BRAND IDENTITY PULAU SUMBA SEBAGAI TEMPAT TUJUAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA.

NUGROHO, NORBERTUS YUNIANTO ADI (2013) PERANCANGAN BRAND IDENTITY PULAU SUMBA SEBAGAI TEMPAT TUJUAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA. Other thesis, PRODI DKV UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V Available Document Only In Soegijapranata Catholic University)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0072 Norbertus Yunianto Adi Nugroho DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Pariwisata adalah salah satu kegiatan nasional yang mampu mendatangkan devisa bagi negara dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Jumlah pulau yang ada, dan keunikan budaya masyarakat di masing masing pulau tersebut adalah potensi besar bagi pengembangan pariwisata di Indonesia. Pulau Sumba sebagai salah satu pulau berpotensi wisata dengan kekuatan utama pada kekayaan budaya lokal, belum memiliki rancangan konsep wisata dan identitas visual yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi visual bagi promosi pariwisata di Sumba itu sendiri. Adapun metode metode yang digunakan antara lain tinjauan pustaka tentang Pulau Sumba, kehidupan masyarakatnya, tradisi ritual adat, dan segala yang berkaitan kebudayaan Sumba, dengan kajian teori untuk memahami isi perancangan dari sisi ilmiah. Wawancara dan observasi dilakukan terhadap narasumber yang berkompeten terhadap kebudayaan masyarakat Sumba dan orang orang yang memahami tentang bagaimana kehidupan orang Sumba dilihat dari tradisi budaya, serta aplikasi dan dampaknya dalam kehidupan sehari hari. Perancangan brand identity pulau Sumba bertujuan menemukan sebuah konsep visual yang memiliki makna filosofis dan sekaligus memberikan gambaran tentang kegiatan pariwisata yang disediakan di pulau tersebut. Perancangan konsep pariwisata tersebut akan menampilkan sesuatu yang baru dan berbeda, memberikan unsur pengalaman, petualangan, dan pembelajaran. Dimana semuanya itu akan dikomunikasikan dalam perancangan Brand Identity yang terpadu. Selanjutnya media promosi dirancang untuk mengenalkan brand tersebut kepada khalayak. Pada akhirnya, sinergi dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam hal pencapaian cita cita perancangan ini akan sangat dibutuhkan. Kerjasama yang baik akan menghasilkan situasi yang kondusif dan berdampak baik bagi perkembangan pulau Sumba khususnya dalam hal pelaksanaan usaha pengembangan dunia pariwisata. Kata kunci : pariwisata, kebudayaan, pulau Sumba, penjelajahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Frederika Kristin
Date Deposited: 08 Sep 2015 20:58
Last Modified: 08 Sep 2015 20:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item