KONSTRUKSI BERITA KRIMINAL KASUS TEROR PEMBAKARAN KENDARAAN DI PROVINSI JAWA TENGAH (ANALISIS FRAMING GAMSON DAN MODIGLIANI PADA PROGRAM “TARGET OPERASI” DI KOMPAS TV JAWA TENGAH)

UNSPECIFIED (2020) KONSTRUKSI BERITA KRIMINAL KASUS TEROR PEMBAKARAN KENDARAAN DI PROVINSI JAWA TENGAH (ANALISIS FRAMING GAMSON DAN MODIGLIANI PADA PROGRAM “TARGET OPERASI” DI KOMPAS TV JAWA TENGAH). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahun 2019 awal telah terjadi fenomena aneh yang meresahkan bagi masyarakat Jawa Tengah, yaitu teror pembakaran kendaraan. Kasus tersebut dianggap menjadi suatu fenomena yang baru dan aneh karena tidak pernah terjadi sebelumnya, sehingga menjadi bahan baru bagi media massa untuk memberitakannya, salah satu media yang memberitakan adalah Kompas TV Jawa Tengah. Maka pada penelitian ini akan menganalisis bingkai berita kriminal pada kasus teror pembakaran kendaraan yang terjadi di Jawa Tengah, untuk mengetahui bagaimana konstruksi yang dibentuk oleh media Kompas TV Jawa Tengah. Dalam menganalisis bingkai berita tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis framing model Gamson-Modigliani dan kriminologi terapan menurut W.A. Bonger yaitu higiene kriminil, politik kriminil dan kriminalistik. Pada model framing Gamson-Modigliani terdapat dua perangkat yaitu perangkat framing dan perangkat penalaran. Media Kompas TV Jawa Tengah dalam mengkonstruksi berita kriminal pada berita teror ini ditunjukkan melalui setiap berita yang ditayangkan, yaitu dengan mengangkat peran polisi sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan, ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memelihara keamanan dalam negeri. Dilihat pada setiap aspek salahsatunya aspek Concequences, saran dan kerja dari pihak kepolisian selalu dipercaya dan dijadikan acuan yang berpengaruh untuk menangani kasus teror ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 364 Criminology
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Agustin Hesti Pertiwi
Date Deposited: 23 Jun 2020 05:02
Last Modified: 23 Jun 2020 05:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21369

Actions (login required)

View Item View Item