PENGEREMAN REGENERATIF PADA MOTOR BLDC DENGAN PENGATURAN SIKLUS KERJA PADA KONVERTER

NUGROHO, IGNATIUS WISNU ADI (2019) PENGEREMAN REGENERATIF PADA MOTOR BLDC DENGAN PENGATURAN SIKLUS KERJA PADA KONVERTER. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf BAB III.pdf

Download (645kB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf DAPUS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
15.F1.0022 IGNATIUS WISNU ADI NUGROHO (3.37)..pdf LAMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Brushless DC (BLDC) motor atau biasa disebut dengan motor BLDC banyak digunakan dalam peralatan industri, rumah tangga, dan transportasi. Hal ini karena motor BLDC memiliki beberapa kelebihan yaitu torka yang besar, rentang pengoperasian kecepatan yang lebar, tenaganya yang kuat, dan rendah biaya perawatan. Maka dari itu motor BLDC kerap digunakan untuk berbagai perlatan yang memerlukan tenaga dan torka yang besar khususnya dalam transportasi di bidang kendaraan listrik. Untuk mengoperasikan motor BLDC memerlukan kontrol elektronik yang sangat rumit, namun berkat perkembangan power electronics saat ini pengoperasikan motor BLDC yang sulit menjadi lebih mudah. Perkembangan dunia transportasi yang sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil mulai beralih ke sumber tenaga listrik. Kendaraan listrik tidak memproduksi emisi sehingga ramah lingkungan. Namun dalam penerapannya kendaraan listrik memiliki kendala dalam dalam proses pengelolaan energi, semakin banyak energi yang terbuang semakin pendek jarak yang ditempuh darikendaraan listrik tersebut. Salah satu penyebab hilangnya energi pada kendaraan listrik yaitu pada saat proses pengereman. Untuk menanggulangi hal tersebut maka pada kendaraan listrik perlu diterapkan sistem pengereman regeneratif. Pengereman regeneratif adalah suatu metode untuk mengubah energi yang terbuang pada roda saat penegereman menjadi energi untuk mengisi daya pada batere, sehingga dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan listrik. Pada laporan tugas akhir ini akan dibahas Pengereman Regeneratif Pada Motor BLDC Dengan Pengaturan Siklus Kerja Pada Konverter. Dengan metode ini dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan listrik juga menjadikan pemanfaatan energi yang terbuang pada saat pengereman lebih optimal untuk melakukan pengisian daya ke batere.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 621 Electrical engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 03:04
Last Modified: 05 Oct 2020 02:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item