KOMUNIKASI DAN PEWARISAN BUDAYA (Studi tentang Proses dan Peran Komunikasi dalam Pewarisan Budaya Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas)

PERMATASARI, VINCENTIA ANANDA ARUM KOMUNIKASI DAN PEWARISAN BUDAYA (Studi tentang Proses dan Peran Komunikasi dalam Pewarisan Budaya Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas). PERPUSTAKAN UNS.

[img] Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (248kB)

Abstract

Masyarakat Adat Bonokeling (MAB) Desa Pekuncen adalah kelompok masyarakat yang masih menjalankan ajaran keyakinan dan laku tradisi mengikuti jejak leluhur. Di tengah modernisasi, globalisasi membawa dampak pada nilai-nilai budaya lokal. Keberadaan keyakinan dan tradisi warisan leluhur yang masih dijalankan menunjukkan bahwa Masyarakat Adat Bonokeling melakukan pelanggengan budaya dari generasi ke generasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan peran komunikasi dalam pewarisan budaya lokal MAB. Sekaligus memberikan gambaran tentang proses komunikasi MAB dalam mempertahankan keyakinan dan tradisi sebagai budaya lokal Anak Putu Bonokeling. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dan pengembangan deskripsi kasus. Penarikan kesimpulan dilakukan berdasar kaitan unsur temuan yang menjabarkan proposisi deskripsi kasus sebagai tema data penelitian. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh simpulan bahwa pewarisan budaya MAB berlangsung dalam forum interaksi, khususnya gendhu-gendhu rasa. Gendhu-gendhu rasa sebagai forum interaksi berperan sebagai saluran pewarisan budaya. Selain itu keberadaan Anak Putu dalam gendhu-gendhu rasa menjadi indikator kehidupan sosial Anak Putu. Komunikasi dalam pewarisan budaya juga menjadi pembentuk identitas budaya Masyarakat Adat Bonokeling.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Vincentia Ananda
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:58
Last Modified: 18 Dec 2019 06:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20586

Actions (login required)

View Item View Item