PERLINDUNGAN HAK PASIEN UNTUK MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU TERKAIT PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KASUS DI RSUD KOTA TANGERANG)

SUPRIATIN, TINTIN (2018) PERLINDUNGAN HAK PASIEN UNTUK MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU TERKAIT PERUNDANG-UNDANGAN (STUDI KASUS DI RSUD KOTA TANGERANG). Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf COVER.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB I)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB II)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB III)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf BAB IV.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf DAPUS.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.C2.0011 DR. TINTIN SUPRIATIN (9.48)..pdf LAMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hak Pasien adalah kepentingan setiap orang yang dilindungi oleh hukum untuk melakukan konsultasi masalah kesehatannya serta memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kebutuhannya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Pelayanan kesehatan diperlukan oleh sesorang/ kelurga/masyarakat untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan, mencegah penyakit, mengobati penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat. Dalam pelayanan kesehatan setiap orang berhak atas mutu dan keselamatan pasien, yang merupakan sebuah perlindungan hak pasien dan keselamatan pasien adalah bagian dari hak pasien. Hal ini diwujudkan oleh pemerintah melalui penyelenggara pelayanan Kesehatan khususnya Rumah Sakit. Pada kesempatan penelitian ini, peneliti memandang perlu untuk melakukan peneltian terkait”Perlindungan Hak Pasien Untuk Memperoleh Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu Terkait Perundang-Undangan dengan Studi Kasus di RSUD Kota Tangerang”. Karena peneliti lihat masih banyaknya kasusketidak puasan pasien pada layanan kesehatan, terutama Rumah sakit. Walaupun fasilitas kesehatan tersebut sudah terakreditasi tapi kepuasan pasien belum optimal terutama untuk masyarakat menengah kebawah. Masih ada yang kurang memperhatikan tentang hak pasien dalam menerima layanan kesehatan yang bermutu, bisa karena ketidak pahaman tentang adanya peraturan perundang-undangan, Kebijakan, Keputusan Direktur, Prosedur yang ada di fasilitas kesehatan atau adanya karena ketidak pedulian terhadap hal ini. sehingga hak atas mutu tersebut tidak optimal. Disini peneliti, perlu melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaturan perlindungan hak pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu di RSUD Kota Tangerang, bagaimana pelaksanaan perlindungan hak pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu di RSUD Kota Tangerang, Faktor-faktor apakah yang mendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan perlidungan hak pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu di RSUD Kota Tangerang.Metode penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang merupakan pengamatan tentang reaksi interaksi yang terjadi ketika sistem norma bekerja di masyarakat.Spesifikasi penelitiannya deskripsi analitik, Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang terdiri dari bahan primer, bahan sekunder dan bahan tersier.. Dari hasil penelitian di RSUD Kota Tangerang pengaturan perlindungan hak pasien sudah optimal, Surat Keputusan direktur dan Standar Prosedur Operasional dan kebijakan lainnya sudah optimal.pelaksanaan Perlindungan xv Hak Pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu di RSUD Kota Tangerang pada umumnya sudah baik tapi sedikit belum optimal terutama pada pelaksana pelayanan di rumah sakit, yang disebabkan oleh kurangnya Sumber daya manusia terutama tenaga perawat dan tenaga adminitrasi, kurangnya sosialisasi tentang informasi baik Peraturan-peraturan yang ada ataupun prosedur-prosedur yang sudah dibuat tidak seluruhnya ditaati dan dilaksanakan, sebagian masih adanya tenaga medis yang kurang peduli terhadap pengisian rekam medik, kurangnya penghargaan dari pihak manajemen dan Kesempatan berkarir masih kurang. Sehingga hal ini akan mempengaruhi hak pasien atas mutu, menyebabkan kepuasan pasien dilayanan sedikit kurang optimal Kata Kunci: Perlindungan, Hak Pasien, Pelayanan Kesehatan, Mutu Layanan Peraturan-Peraturan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:16
Last Modified: 23 Jun 2021 04:12
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item