STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT SHIORI BAZAAR

Gunawan, Christalia Novita (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT SHIORI BAZAAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text (BAB I)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB II)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB IV)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).DAPUS.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.M1.0023 CHRISTALIA NOVITA GUNAWAN (4.87).LAMP.pdf

Download (8MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, untuk menyelenggarakan suatu acara dalam organisasi perusahaan, banyak tawaran mengenai penyedia jasa profesional penyelenggara acara atau sering disebut dengan istilah Event Organizer (EO). Bicara mengenai EO, Shiori Bazaar merupakan penyedia jasa penyelenggara event yang bergerak di bidang pemasaran. Cara kerjanya adalah dengan mengundang vendor-vendor untuk menjual produknya pada pameran dagang yang diselenggarakan oleh Shiori Bazaar. Walaupun Shiori Bazaar baru mengenalkan mereknya kepada masyarakat, faktanya sudah ada beberapa vendor yang mau bergabung dan loyal dengan jasa yang ditawarkan oleh Shiori Bazaar. Adapun rumusan permasalahan pada penelitian ini, yaitu “Bagaimana strategi komunikasi pemasaran event yang diterapkan oleh Shiori Bazaar?”. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran event yang diterapkan oleh Shiori Bazaar. Penelitian ini mengacu kepada teori tentang bauran komunikasi pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode triangulasi yang dikemukakan oleh Imam Gunawan. Dari delapan bauran komunikasi pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler, Shiori Bazaar menerapkan tujuh dari bauran tersebut, yakni iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut, serta penjualan personal. Melalui bauran komunikasi pemasaran tersebut, maka terjadi proses penyampaian pesan dari Shiori Bazaar kepada vendor dan pengunjung. Proses komunikasi tersebut berdampak pada peningkatan loyalitas vendor dan peningkatan jumlah pengunjung pada tiap event yang diselenggarakan oleh Shiori Bazaar. x Untuk mengembangkan penelitian ini, peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Event Shiori Bazaar dalam Pembentukan Brand Equity. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Vendor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 06:00
Last Modified: 02 Feb 2021 05:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item