PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP UJIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sari, Joice Kartika (2018) PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN TERHADAP UJIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB II)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB III)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB V)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0051 Joice Kartika Sari (7.24)OK.DAPUS.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan Mindfulness untuk menurunkan kecemasan terhadap ujian pada siswa Sekolah Dasar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kecemasan terhadap ujian pada siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan latihan Mindfulness pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa kelas 4 SD sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa kelas 5 SD sebagai kelompok kontrol yang ditentukan secara random. Pretest dan posttest menggunakan Skala Kecemasan Ujian. Program pelatihan berupa Mindfulness diberikan sebanyak 8 sesi selama 30 menit per sesinya. Analisa data menggunakan uji t test menunjukkan adanya penurunan kecemasan ujian pada siswa dalam kelompok eksperimen setelah diberikan latihan Mindfulness dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:57
Last Modified: 25 Jun 2021 04:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16668

Actions (login required)

View Item View Item