PERAN BIDAN DALAM PELAKSANAAN PERMENKES NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG PELAYANAN KESEHATAN NEONATAL PADA BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KALEROANG SULAWESI TENGAH

Lestari Ningsih, Sri (2017) PERAN BIDAN DALAM PELAKSANAAN PERMENKES NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG PELAYANAN KESEHATAN NEONATAL PADA BAYI BARU LAHIR DI PUSKESMAS KALEROANG SULAWESI TENGAH. Masters thesis, Pasca Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih COVER.pdf

Download (357kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih BAB IV.pdf

Download (131kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
15.C2.0035 Sri Lestari Ningsih LAMPIRAN.pdf

Download (641kB)

Abstract

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.Pelayanan kebidanan merupakan pelayanan yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan.Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategis terutama dalam menurunkan jumlah kematian bayi baru lahir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada bayi baru lahir berdasarkan Permenkes Nomor 53 Tahun 2014 Tentang pelayanan kesehatan neonatal pada baru lahir. Penelitian ini merupakan penelitian Yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian bersifat deksriptif analitik. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data primer melalui wawancara kepada responden dan narasumber. Responden terdiri dari bidan 10 orang yang bekerja di Wilayah Kerja Puskesmas Kaleroang dan orang tua bayi baru lahir 10 orang.Sedangkan narasumber terdiri dari Kepala Puskesmas Kaleroan, kader desa. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Pelaksanaan peran bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan neonatal kepada bayi baru lahir hanya 4 bidan yang sudah melakukan tugasnya secara menyeluruh dan 6 bidan belum melakukan tugasnya. Serta belum terlaksana tugasnya sebagai seorang pelaksana dan pendidik. Peran bidan sebagai pelaksana belum melakukan perawatan bayi baru lahir pada masa neonatal (0-28 hari), dan perawatan tali pusat. Sedangkan peran bidan sebagai pendidik belum memberikan konseling dan penyuluhan ASI, serta pembinaan peran serta masyarakat dibidang kesehatan ibu dan anak. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya Puskesmas, Puskesmas pembantu, dan posyandu.Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga kesehatan (bidan), sarana transportasi yang belum memadai, kurangnya tingkat pengetahuan bidan sehingga keterampilan yang dimiliki masih rendah, dan alat kesehatan di beberapa desa yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Government Policy
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:26
Last Modified: 05 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item