ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PUTUSAN TERHADAP TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN NOMOR 54/Pid.Sus/2016/PN.Kdl)

ARITA, DEWINDHA NELLA (2017) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PUTUSAN TERHADAP TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN NOMOR 54/Pid.Sus/2016/PN.Kdl). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita COVER.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita BAB III.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita BAB IV.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.20.0051 Dewindha Nella Arita LAMPIRAN.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Hukum pidana yang berlaku di Indonesia adalah hukum pidana yang sebagian besar telah terkodifikasi di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Hukum pidana bertujuan mencegah atau menghambat perbuatan masyarakat yang tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Meski hukum telah dibuat sedemikian rupa, tetap saja masih banyak terjadi berbagai kejahatan salah satunya adalah Tindak Pidana Perdagangan Orang. Oleh karena itu pengaturan mengenai Tindak Pidana Perdagangan Orang ditetapkan secara khusus dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memberikan putusan berkaitan dengan tindak pidana perdagangan orang di Pengadilan Negeri Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penulisan desktiptif analisis. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, serta penelitian kepustakaan baik buku, literatur perundang-undangan, dan pendapat para ahli. Hasil penelitian yang diperoleh ialah sebagai berikut: pertimbangan hakim dalam memutus perkara pada kasus tindak pidana perdagangan orang di Pengadilan Negeri Kendal terdiri dari faktor yuridis berupa adanya dakwaan, fakta di persidangan, keterangan terdakwa, alat bukti, barang bukti; dan faktor non yuridis berupa latar belakang sosial terdakwa, latar belakang ekonomi terdakwa, dan motif perbuatan terdakwa. Faktor yuridis memiliki peran yang lebih besar bagi hakim dalam menjatuhkan putusan. Selain itu terdapat hal-hal yang memberatkan terdakwa yaitu perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakar, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana perdagangan orang, terdakwa melakukan perbuatan cabul terhadap korban perdagangan orang; sedangkan hal-hal yang meringankan yaitu terdakwa mengakui secara terus terang tentang perbuatannya, terdakwa menyesali perbuatannya serta berjanji tidak mengulangi perbuatannya, dan terdakwa belum pernah dihukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:30
Last Modified: 26 Aug 2021 05:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item View Item