KAJIAN YURIDIS PERAN POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK ATAS KESEHATAN PADA ANAK BAWAH LIMA TAHUN (BALITA) (STUDI KASUS DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

Afriani S.ST.Keb, Miratia (2017) KAJIAN YURIDIS PERAN POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK ATAS KESEHATAN PADA ANAK BAWAH LIMA TAHUN (BALITA) (STUDI KASUS DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
14.C2.0024 Miratia Afriani COVER.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
14.C2.0024 Miratia Afriani BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
14.C2.0024 Miratia Afriani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
14.C2.0024 Miratia Afriani BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
14.C2.0024 Miratia Afriani BAB IV.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.C2.0024 Miratia Afriani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan salah satu upaya kesehatan yang di kelola dan diselenggarakan oleh masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak bawah lima tahun (balita). Sejak terjadinya krisis ekonomi yang berlangsung di Indonesia sejak tahun 1997, hal tersebut memberi pengaruh terhadap kinerja pos pelayanan terpadu yang semakin menurun. Menyikapi kondisi tersebut pemerintah telah mengambil langkah bijak dengan melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan posyandu yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah yuridis sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dari narasumber yaitu Kepada bidang Kesehatan Warga di Dinas Kesehatan Kota Semarang, Kepala Puskesmas, Kepala badan pemberdayaan masyarakat dan pedesaan, dan Bidan, serta studi kepustakaan yang berkaitan. Selanjutnya penelitian ini di analisis secara kualitatif dan diuraikan secara eksplatif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Puskesmas telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan melakukan pembinaan, motivasi kepada kader dan memberikan penyuluhan kepada kader serta masyarakat termasuk ibu balita. Kader posyandu bekerjasama dengan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada ibu dan para balita. Walaupun dalam pelaksanaan masih ada ibu yang belum aktif untuk mengontrolkan balitanya ke posyandu. Hambatan yang ada di Posyandu adalah jumlah kader, regenerasi kader dan minat partisipasi ibu balita dan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:39
Last Modified: 27 Aug 2021 01:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item