PENGARUH SORBET PISANG AMBON (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN Spirulina platensis TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS WISTAR

POERNOMO, ANG, TEODORUS WAHYU (2017) PENGARUH SORBET PISANG AMBON (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN Spirulina platensis TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS WISTAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo COVER.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo BAB IV.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0047 Ang, Teodorus Wahyu Poernomo LAMPIRAN.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Hiperglikemia adalah kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal. Hiperglikemia disebabkan tubuh tidak mampu mencukupi kebutuhan atau merespon insulin. Dalam penelitian terdahulu diketahui dengan mengkonsumsi berbagai asam amino dan berprotein tinggi dapat meningkatkan plasma insulin pada darah. Spirulina platensis merupakan mikroalga yang memiliki protein yang tinggi dan berbagai jenis asam amino. Untuk memfokuskan penelitian pada protein Spirulina platensis maka dilakukan proses isolasi. Untuk mengaplikasikan isolat protein spirulina platensis, perlu dikembangkan produk yang dapat menjaga ekstrak protein dari kerusakan. Buah pisang dipilih karena memiliki indeks glikemik yang rendah dan memiliki efek untuk menurunkan kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sorbet pisang dengan penambahan isolat protein terhadap kadar gula darah dan berat badan. Sorbet pisang dibuat dengan 3 formulasi, yaitu tanpa penambahan isolat protein, dengan penambahan 25 mg/kg BB isolat protein Spirulina platensis, dan penambahan 50 mg/kg BB isolat protein Spirulina platensis. Sorbet yang telah dibuat kemudian diuji proksimat untuk mengetahui kadar air, abu, lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk mengetahui manfaat sorbet pisang dilakukan pengujian in vivo dengan tikus wistar. Pengujian in vivo dilakukan dengan menginduksi tikus wistar dengan streptozotocin untuk mengkondisikan tikus pada keadaan hiperglikemia. Pengujian in vivo meliputi pengukuran kadar gula darah dan berat badan. Pemberian sorbet pisang dilakukan melalui sonde oral. Perlakuan dilakukan selama 28 hari dan setiap 7 hari dilakukan pengukuran. Setelah pemberian perlakuan selama 28 hari dilakukan pengamatan post-treatment selama 7 hari. Pemberian sorbet pisang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan tetapi pada masa post-treatment terdapat tikus yang mengalami hiperglikemia. Perlakuan sorbet pisang penambahan isolat protein Spirulina paltensis 25 mg/kg BB dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan tetapi pada masa post-treatment terdapat tikus yang mengalami hiperglikemia. Perlakuan sorbet pisang penambahan BB isolat protein Spirulina platensis 50 mg/kg BB menyebabkan penurunan selama 28 hari treatment dan peningkatan berat badan, dan pada post-treatment tidak terjadi peningkatan kadar gula darah dan peningkatan berat badan pada seluruh tikus. Dari hasil tersebut diketahui sorbet pisang dengan berbagai formulasi dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan. Sorbet pisang dengan penambahan isolat protein Spirulina platensis 50 mg/kg BB memiliki efek penurunan kadar gula darah yang lebih baik daripada sorbet pisang dan sorbet pisang penambahan isolat protein Spirulina platensis 25 mg/kg BB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:46
Last Modified: 12 May 2022 06:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item