ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Najudjojo, Deasy Natalia (2005) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.60.0014 Dessy Natalia Najudjojo LAMPIRAN.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap tingkat pengungkapan laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Topik ini dipilih karena pengungkapan laporan keuangan merupakan faktor yang signifikan dalam pencapaian efisiensi pasar modal serta sebagai sarana akuntabilitas publik. Studi mengenai pengungkapan informasi dalam laporan tahunan akan memberikan wawasan mengenai praktek pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan publik di Indonesia. Penelitian semacam ini akan memberikan gambaran tentang perbedaan kualitas ungkapan antar perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang sekiranya mempunyai pengaruh terhadap tingkat pengungkapan adalah tingkat likuiditas (current ratio), leverage (debt ratio), dan profitabilitas (ROA) yang merupakan variabel independen. Sedangkan variabel dependen diwakili oleh tingkat pengungkapan informasi (disclosure index) pada laporan tahunan yang dihitung dengan menggunakan Indeks Wallace. Pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap tingkat pengungkapan dalam laporan tahunan akan dianalisis dan diuji menggunakan regresi berganda (multiple regression), dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Penelitian terdahulu banyak dilakukan atas laporan tahunan untuk satu periode atau satu tahunan. Dalam penelitian ini, yang diteliti adalah laporan tahunan selama tiga tahun, yaitu tahun 2000 sampai dengan 2002. Sebanyak 261 buah sampel laporan tahunan yang diambil dari laporan keuangan 87 buah perusahaan selama tiga tahun telah dipilih sebagai sampel penelitian. Item pengungkapan yang diteliti tidak hanya berupa pengungkapan wajib, namun juga mencakup pengungkapan sukarela sehingga diperoleh total item pengungkapan sebanyak 112 item yang akan dianalisis. Hasil pengujian regresi menunjukkan adanya salah satu variabel yang cukup signifikan mempengaruhi variabel dependen (tingkat pengungkapan), yaitu current ratio (rasio likuiditas). Variabel independen lain yaitu tingkat profitabilitas dan leverage ternyata tidak memperlihatkan angka yang signifikan terhadap luasnya tingkat pengungkapan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rasio likuiditas berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan rasio leverage dan profitabilitas tidak mampengaruhi tingkat pengungkapan atas laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:25
Last Modified: 26 Apr 2017 07:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item