PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KERJA PADA BADAN USAHA BERBENTUK KOPERASI (STUDI KASUS PADA KOPERASI SARANA BHAKTI SEMARANG)

KUSUMANINGTYAS, TRIASTUTY (2004) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KERJA PADA BADAN USAHA BERBENTUK KOPERASI (STUDI KASUS PADA KOPERASI SARANA BHAKTI SEMARANG). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB III)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB V)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.60.0733 Triastuty Kusumaningtyas LAMPIRAN.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi sebuah perusahaan. Pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Selama ini pengukuran kinerja secara tradisional hanya menitikberatkan pada posisi keuangan. Menilai kinerja perusahaan hanya dari sisi keuangan dapat menyesatkan, karena dapat mengorbankan kepentingan jangka panjang. Untuk mengatasi kekurangan ini, maka diciptakan suatu metode pendekatan yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan aspek keuangan dan non keuangan. Metode ini secara umum dinamakan dengan Balanced Scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dengan 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, konsumen, internal bisnis, dan pertumbuhan dan pembelajaran. Namun saat ini jarang sekali Balanced Scorecard diterapkan dalam koperasi, dimana koperasi memiliki karakteristik khusus yang ditandai dengan relational contracting yaitu saat owner dan customer adalah orang yang sama serta dimana mutual benefit anggota menjadi prioritas pertama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dan metode sensus yaitu semua anggota populasi dijadkan sampel. Metode pengujian instrumen penelitian yang digunakan adalah pengujian validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk metode analisis data adalah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu menilai kinerja dengan pendekatan 4 perspektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : 1. Perspektif Keuangan Koperasi Sarana Bhakti Semarang mengalami kenaikan pada rasio ROE, analisis LDR, akan tetapi pada rasio likuiditas, ROA, dan solvabilitas mengalami penurunan. 2. Perspektif Konsumen Koperasi Sarana Bhakti Semarang mempunyai kondisi yang baik terlihat dari kenaikan retensi, akuisisi dan profitabilitas anggota, dan pada tingkat kepuasaan dan kesejahteraan anggota dimana mereka merasa puas. 3. Perspektif Bisnis Internal Koperasi Sarana Bhakti Semarang mempunyai kondisi yang baik terliha dari MCE hampir mendekati 1 dan terjadi kenaikan yang sedikit pada pelayanan pasca jual. 4. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran Koperasi Sarana Bhakti Semarang mempunyai kondisi yang baik terlihat dari rendahnya ratio perputaran karyawan, tercapainya kepuasaan karyawan, tersedianya informasi yang diperoleh dengan baik, makin cepatnya tingkat pengembalian piutang dan makin meningkatnya frekuensi penyelenggaraan pendidikan dalam Koperasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2017 08:13
Last Modified: 04 May 2017 08:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item