ANALISIS PENGARUH ANTARA EARNING EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEJ)

SUGIHARTININGSIH, - (2004) ANALISIS PENGARUH ANTARA EARNING EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEJ). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
98.60.0548 Sugiartiningsih COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
98.60.0548 Sugiartiningsih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB II)
98.60.0548 Sugiartiningsih BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB III)
98.60.0548 Sugiartiningsih BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
98.60.0548 Sugiartiningsih BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB V)
98.60.0548 Sugiartiningsih BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.60.0548 Sugiartiningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
98.60.0548 Sugiartiningsih LAMPIRAN.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Dalam pasar modal, banyak sekali informasi yang dapat diperoleh investor, salah satu informasi yang dapat diperoleh dalam pasar modal adalah informasi keuangan yang dapat menunjukkan kinerja keuangan perusahaan selama satu periode. Salah satu unsur dari laporan keuangan yang penting bagi para investor adalah informasi mengenai EPS (earning per share). EPS penting bagi investor karena data itu dianggap berisi informasi yang bermanfaat dalam pembuatan prediksi mengenai harga saham dimasa yang akan datang. EPS yang lebih besar menandakan kemampuan perusahaan yang lebih besar dalam menghasilkan keuntungan bersih dari setiap lembar saham. Jika ada perubahan harga saham disekitar tanggal pengumuman laba (EPS) maka diasumsikan bahwa pengumumman tersebut memiliki kandungan informasi. Suatu informasi harus memiliki kandungan informasi sehingga informasi tersebut relevan dan handal sebagai dasar pengambilan keputusan investasi. Suatu informasi menjadi relevan bagi para investor apabila keberadaan informasi tersebut dapat mempengaruhi harga/volume perdagangan surat berharga. Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Ball dan Brown (1968); Fosters (1975); Beaver, Clake, dan Wright (1979); Beaver, Lambert dan Morse (1980); Litzenberg dan Rao (1971); Lipe (1986), yang dikutip dari Naimah (2000:70), menunjukkan adanya hubungan dan pengaruh antara laba dengan harga saham. Selain itu dalam penelitiannya, Yogo Purnomo (Usahawan, 1998:33-38), juga menunjukkan bahwa harga saham mempunyai kepekaan yang cukup tinggi terhadap perubahan EPS. Tetapi dalam penelitian yang dilakukan oleh Yenny Hendrawati dalam periode tahun 1999, 2000, mengenai pengaruh kinerja keuangan emiten dengan harga sahamnya, dimana salah satu faktor yang diteliti adalah EPS, dan Selvia Widyastuti dalam periode tahun 2000, mengenai pengaruh EPS terhadap harga saham, hasilnya yang diperoleh keduanya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara laba per lembar saham dengan harga saham. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara EPS (Earning Per Share) dengan harga saham dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara earning per share (EPS) dengan harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara earning per share (EPS) dan harga saham emiten di BEJ. Hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: H0 : Tidak ada pengaruh yang signifikan antara earning per share (EPS) dengan harga saham H1 : Ada pengaruh yang signifikan antara earning per share (EPS) dengan harga saham Hasil penelitian ini adalah a) EPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham untuk perusahaan manufaktur pada kondisi EPSnya konsisten positif. Ini dapat dilihat dari hasil regresi terhadap perkembangan harga saham dari 79 emiten yang menjadi sampel dalam periode pengamatan tahun 2000 dan tahun 2001 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2017 02:35
Last Modified: 04 May 2017 02:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item