Pengaruh Intervening Penggunaan Sistem Akuntansi Manajemen dalam Hubungan Antara Intensitas Persaingan Pasar Terhadap Kinerja Unit Bisnis

HADINATA, ELLEN SOVIAN (2007) Pengaruh Intervening Penggunaan Sistem Akuntansi Manajemen dalam Hubungan Antara Intensitas Persaingan Pasar Terhadap Kinerja Unit Bisnis. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata COVER.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0059 Ellen Sovian Hadinata LAMPIRAN.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervening penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen terhadap hubungan intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis. Manager yang menggunakan informasi telah mempersiapkan Sistem Akuntansi Manajemen untuk dapat membantu organisasi memakai dan mengimplementasikan rencana dalam menanggapi lingkungan bersaingnya. Penelitian ini terkonsentrasi pada penggunaan informasi SAM oleh manager terhadap benchmarking dan monitoring sistem informasi yang tersedia. Keterlibatan benchmarking dalam membandingkan suatu perusahaan dengan pesaing merupakan faktor yang relevan, termasuk didalamnya costs dan structure costs, produktivitas, kualitas, harga, customer service, dan profitability. Sedangkan monitoring berupa feed back dari pengimplementasian strategi – strategi perusahaan untuk mencapai faktor – faktor yang telah ditetapkan sebelumnya sebagai bencmarking perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer unit bisnis dari industri manufaktur berskala besar dan menengah yang berlokasi di kota Semarang yang berjumlah 70 orang dari 58 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan cara purposive judgment sampling. Pengembalian kuesioner dalam penelitian ini berjumlah 36 kuesioner (51,43%). Jumlah kuesioner tersebut terdiri dari 27 perusahaan, dimana 18 perusahaan masing-masing memiliki 1 unit bisnis dan 9 perusahaan masingmasing memiliki 2 unit bisnis. Pengujian hipotesis menggunakan teknik path analysis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung variabel penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen (SAM) terhadap hubungan antara intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis. Dengan demikian adanya peningkatan intensitas persaingan pasar akan meningkatkan penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen (SAM) guna peningkatan kinerja unit bisnis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:47
Last Modified: 30 Mar 2017 13:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item