PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI ARISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (Studi Kasus pada Arisan Miracle)

MELANIA, M.M. SHIRLEY (2006) PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI ARISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (Studi Kasus pada Arisan Miracle). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0049 M M Shirley Melania COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0049 M M Shirley Melania BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0049 M M Shirley Melania BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0049 M M Shirley Melania BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0049 M M Shirley Melania BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0049 M M Shirley Melania BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0049 M M Shirley Melania DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi berbasis komputer pada jaman sekarang ini menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh organisasi bisnis. Adanya sistem arisan yang masih manual pada Arisan Miracle Semarang menimbulkan banyaknya kendala dan hambatan dalam proses operasi sehari-hari. Kelemahan sistem manual yang ada pada Arisan Miracle Semarang antara lain adanya data atau informasi yang tidak tercatat dan bahkan hilang, proses pencatatan dan pengolahan data memakan waktu yang lama, data atau informasi yang dihasilkan tidak akurat karena adanya faktor human errors, serta kurangnya faktor keamanan data dari pihak-pihak yang tidak bersangkutan atau berkepentingan. Untuk dapat mengatasi kendala dan hambatan tersebut diperlukan sebuah sistem baru yang berbasis teknologi informasi, yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer (computerized). Hal inilah yang menjadi alasan penulis untuk merancangkan prototype sistem informasi Arisan Miracle Semarang dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Prototype yang dirancang menampilkan beberapa form yang berhubungan dengan proses operasi arisan pada Arisan Miracle Semarang. Informasi atau data-data yang akan ditampilkan menyangkut data para peserta, baik daftar peserta secara keseluruhan, maupun daftar peserta yang keluar, data jaminan, data penerimaan dan pembayaran uang arisan, data ajak teman, data hadiah, laporan tentang jurnal transaksi, buku besar dan buku besar pembantu, serta laporan-laporan yang berkaitan dengan kegiatan administrasi keanggotaan peserta secara sederhana. Dengan adanya aplikasi prototype sistem arisan yang dirancang dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dan pembuatan database dengan menggunakan Microsoft Access ini diharapkan dapat menguntungkan bagi pihak penyelenggara Arisan Miracle Semarang, maupun bagi para peserta, karena sistem ini jauh lebih efektif, efisien, serta menghasilkan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan. Tampilan perancangan prototype sistem arisan baru ini didesain dengan memperhatikan user interface (user friendly).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:41
Last Modified: 30 Mar 2017 13:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item View Item