Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan di Kota Semarang)

RUMENEGGE, NICCO (2008) Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan di Kota Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0192 Nicco Rumenegge COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0192 Nicco Rumenegge BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0192 Nicco Rumenegge BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0192 Nicco Rumenegge BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0192 Nicco Rumenegge BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0192 Nicco Rumenegge BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0192 Nicco Rumenegge DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0192 Nicco Rumenegge LAMPIRAN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Banyak penelitian bidang akuntansi manajemen yang menaruh perhatian pada masalah partisipasi anggaran. Pengaruh anggaran pada kinerja manajerial merupakan tema yang menarik dalam penelitian akuntansi manajemen, ada dua alasan yang mendasari yaitu partisipasi dinilai sebagai pendekatan manajerial yang dapat meningkatkan kinerja anggota organisasi, alasan yang kedua yaitu berbagai penelitian yang menguji hubungan antara partisipasi dan kinerja hasilnya saling bertentangan. Termotivasi hasil penelitian terdahulu, penelitian ini mengkonfirmasi kembali apakah partisipasi anggaran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Disamping itu, juga menguji apakah variable gaya kepemimpinan dan variable komitmen organisasi dapat memoderasi hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan judul penelitian ini sebagai berikut : “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial”. Responden penelitian ini adalah manajer perbankan di Semarang. Ada 45 bank di Semarang, yang menjadi sample sebanyak 18 bank. Dari 68 kuesioner yang dibagikan kepada para manajer, 57 kuesioner kembali, tetapi hanya 53 yang terisi lengkap. Pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan yang diadopsi dari peneliti terdahulu. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA). Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Partisipasi yang diberikan pada manajer dalam penyusunan anggaran akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja manajer. Ada kecenderungan bahwa manajer ysng diberi partisipasi yang besar dalam penyusunan anggaranakan memberikan kinerja yang tinggi, 2) Komitmen organisasi yang tinggi yang dimiliki manajer dalam perusahaan akan mampu meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, 3) Gaya kepemimpinan yang baik yang dimiliki manajer akan mampu meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:21
Last Modified: 30 Mar 2017 13:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item