PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK,AKUNTAN PENDIDIK,DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN

Kurniasih, Feronika Dwi (2005) PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK,AKUNTAN PENDIDIK,DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0128 Feronika Dwi Kurniasih LAMPIRAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis dan etika profesi akuntan kerena mengingat banyaknya pelanggaran terhadap kode etik akuntan dan berdampak pada menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan. Analisis penelitian ini didasarkan dari data 182 responden penelitian (akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi) di Kantor Akuntan Publik (KAP) kota Semarang, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Katholik (UNIKA) Soegijapranata Semarang, dan Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang. Dalam penelitian ini terdapat 2 hipotesis , yaitu H1: Terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis, sedangkan H2: Terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi terhadap etika profesi akuntan. Alat analisis yang diginakan untuk menganalisis H1 dan H2 adalah ANOVA (Analisis of Variance), sedangkan pengujian perbedaan persepsi pada akuntan publik dan akuntan pendidik; akuntan publik dan mahasiswa akuntansi; akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap perspsi etike bisnis dan etika profesi akuntan menggunakan Independent Sample T- test. Hasil menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang sinifikan atas persepsi etika bisnis antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi. Namun secara khusus perbedaan yang signifikan terjadi hanya pada pesepsi etika bisnis pada akuntan publik dan mahasiswa akuntansi. Hasil lainnya juga tidak diperoleh perbedaan yang signifikan atas persepsi etika profesi akuntan antara akuntan publik, akuntan pendidik, dan mahasiswa akuntansi. Akuntan publik memiliki persepsi etika bisnis yang paling tinggi dibandingkan dengan akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi, akan tetapi pada etika profesi akuntan persepsi akuntan publik justru paling rendah dibandingkan dengan akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Bedasarkan hasil penelitian yang melihat adanya perbedaan persepsi yang signifikan pada etika bisnis khususnya dari kelompok praktisi akuntan maupun mahasiswa dalam bidang akuntasi, menunjukkan bahwa dalam beberapa hal, kode etik bisnis harus banyak ditekankan pada kalangan akademik. Persesi etika profesi akuntan relatif paling rendah diperoleh dari kelompok (KAP) akuntan publik, sehingga disarankan sebagai praktisi profesi akuntan, untuk selalu memiliki jaminan bahwa KAP adalah sebagai lembaga profesi harus tetap diutamakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 174 Business ethics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:22
Last Modified: 30 Mar 2017 07:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item