GAME PENGENALAN OBAT HERBAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK JENJANG PENDIDIKAN DASAR

WIJAYA, YENNI OKTYANI (2016) GAME PENGENALAN OBAT HERBAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK JENJANG PENDIDIKAN DASAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya COVER.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0053 Yenni Oktyani Wijaya LAMPIRAN.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Obat herbal sudah dikenal turun menurun oleh masyarakat Indonesia bahkan hingga saat ini banyak yang masih mengetahui tentang obat herbal namun tidak mengetahui manfaat obat herbal tersebut. Dalam penelitian yang telah dilakukan pada laporan ini 30 responden yang berusia antara 7 sampai 14 tahun didapatkan hasil 36,7% diantaranya tidak mengetahui manfaat yang terdapat dalam obat herbal. Responden yang hanya mengetahui kurang dari 10 jenis tanaman obat terdapat 63,3%. Karena hal tersebut maka dibuatlah sebuah game yang dapat memperkenalkan manfaat dan jenis-jenis tanaman obat yang diberi nama “SERBAT”. Game “SERBAT” dapat digunakan untuk mengedukasi anak dalam meracik obat, mengetahui berbagai jenis tanaman obat serta manfaatnya. Hasil yang didapat setelah responden diberikan game ini, menunjukkan adanya peningkatan pada pengetahuan responden tentang tanaman obat sebesar 83,3%. Untuk peningkatan pada pengetahuan manfaat tanaman obat sebesar 73,3%. Sebesar 83,3% responden mengalami peningkatan pengetahuan tentang cara meracik obat. Dengan bermain game “SERBAT” maka dapat menambah pengetahuan anak tentang tanaman obat herbal. Kata kunci : edukasi, game, obat herbal, tanaman obat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
300 Social Sciences > 370 Education > 372 Elementary education
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > Healthy > Traditional Medicine
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:08
Last Modified: 16 May 2023 06:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item