Peran landcover pada Permukaan Tanah Lerengan Guna Mengurangi Dampak Erosi Permukaan (Studi Eksperimen Laboratorium dengan Memodelkan Lereng di Sekitar Jalan Pawiyatan Luhur – Bendan Dhuwur Semarang Selatan )

HARTANTO, DANIEL (2016) Peran landcover pada Permukaan Tanah Lerengan Guna Mengurangi Dampak Erosi Permukaan (Studi Eksperimen Laboratorium dengan Memodelkan Lereng di Sekitar Jalan Pawiyatan Luhur – Bendan Dhuwur Semarang Selatan ). Teknik Sipil.

[img]
Preview
Text
Peran Landcover Pada Permukaan Tanah Lerengan guna Mengurangi Dampak Erosi Permukaan.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Erosi tanah merupakan peristiwa yang mudah kita jumpai pada lereng – lereng disekitar kita. Erosi permukaan (surface erosion) yang terus menerus menyebabkan penurunan produktifitas tanah atau degradasi lahan. Lereng yang tanpa adanya vegetasi penutup maupun lereng dengan vegetasi penutup (landcover) pun juga tidak menjamin aman dari erosi permukaan. Erosi permukaan sering terjadi disebabkan oleh hujan. Hujan dengan intensitas yang tinggi mengenai pada permukaan tanah lereng yang tidak adanya penghalang dalam hal ini landcover, maka terjadi erosi permukaan. Permodelan tanah lerengan pada laboratorium dengan kemiringan 40% dan intensitas hujan buatan sebesar 4.124 mm/jam. Landcover dengan prosentase 0.5 hingga 50 mengakibatkan 2.03 % sampai 3.07% tanah hilang karena tererosi. Sedangkan prosentase landcover 50 hingga 99 mengakibatkan 0.97 % sampai 1.72% persen tanah hilang karena tererosi

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 09 Dec 2016 08:06
Last Modified: 09 Dec 2016 08:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item