Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi dengan Strategi Rapid Application Development (RAD) pada CV Wijaya Kusuma

WIJAYA, AGUSTINA (2010) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi dengan Strategi Rapid Application Development (RAD) pada CV Wijaya Kusuma. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0111 Agustina Wijaya COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0111 Agustina Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0111 Agustina Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0111 Agustina Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0111 Agustina Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0111 Agustina Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0111 Agustina Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

merupakan salah satu bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. Di Beberapa negara helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor, Pertama sekali dicetuskan untuk diwajibkan untuk digunakan di Indonesia oleh Kepala Kepolisian RI Hugeng, tetapi mendapatkan penolakan yang keras pada waktu itu, kemudian ditetapkan secara resmi didalam UU No 14 Tahun 1992. CV Wijaya Kusuma merupakan salah satu distributor helm di semarang, yang menyediakan berbagai macam jenis dan merk helm. Pada awal mula usahanya semua berjalan dengan lancar tetapi lambat laun saat usahanya berkembang, pemilik CV Wijaya Kusuma mengalami kesulitan karena masih menggunakan sistem manual. Salah satu masalah yang muncul yaitu ketika pemilik mencari data pelanggan yang hendak melunasi hutangnya, pemilik harus mencari satu persatu nota secara manual, masalah lain yang muncul adalah sistem persediaan yang belum teratur sehingga pemilik mengalami kesulitan untuk mengetahui jumlah stock helm.Untuk itu diperlukan perubahan sistem manual ke sistem terkomputerisasi. Adapun perumusan masalahnya adalah sebagai berikut : “Bagaimana rancangan system informasi akuntansi berbasis teknologi informasi pada CV Wijaya Kusuma ?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengganti sistem pencatatan yang lama (sistem manual) dengan sistem yang baru yang berbasis komputer pada CV Wijaya Kusuma. Dengan demikian, proses kinerja untuk penyusunan pembukuan dan pencarian informasi yang berkaitan dengan data-data barang dapat dilakukan lebih efektif dan efesien, serta informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan lebih cepat, lengkap dan akurat. Manfaat dari penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu a) bagi penulis, untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan mengembangkan program software akuntansi pada sebuah perusahaan. b) bagi CV Wijaya Kusuma, untuk membantu memberikan kemudahan dalam pengolahan data-data, menjadi informasi yang jelas, lengkap, akurat dan dapat dimengerti. c) bagi pembaca, untuk Memberikan masukan akan perlunya penelitian dan perbaikan agar suatu sistem dapat menjadi lebih baik dari yang sekarang apabila sistem tersebut dinilai kurang efektif. Pada penelitian ini dilakukan analisis sistem proses transaksi penjualan dan serta prosedur pencatatan stok barang pada CV Wijaya Kusuma semarang dengan menggunakan metode RAD (Rapid Applicaton Development) sebagai strategi pengembangan sistem. Dari Hasil analisis kemudian dirancang sebuah prototype sistem penjualan dan stock barang yang baru secara terkomputerisasi yang bertujuan untuk meningkatkan efesiensi waktu dan efektivitas kinerja serta mampu mengatasi kinerja sistem yang berjalan secara manual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Oct 2016 06:11
Last Modified: 12 Oct 2016 06:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item