PERANCANGAN VISUAL PERMAINAN HURUF JAWA UNTUK ANAK KELAS 3 SD DI SEMARANG

Haryanto, Fransiscus (2014) PERANCANGAN VISUAL PERMAINAN HURUF JAWA UNTUK ANAK KELAS 3 SD DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
09.13.0038 Fransiscus Haryanto LAMPIRAN.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Aksara Jawa untuk anak Sekolah Dasar adalah sesuatu yang sangat membosankan, karena anak harus dapat menghafalkan bentuk dan cara penulisannya yang benar selain itu pembelajaran yang kurang menarik untuk anak sehingga menambah ketidak tertarikan anak terhadap pembelajaran bahasa jawa khususnya aksara jawa. Dan kurangnya intensitas penggunaan aksara jawa yang kurang dalam kehidupan sehari-hari membuat orang tua tidak memperdulikan nilai anaknya. Pendeknya waktu , Kurang menariknya metode pembelajaran dan tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran aksara jawa itung yang menjadi masalah utama anak dalam mempelajarinya. Selain itu terdapat teori-teori untuk membantu perancangan visual permainan aksara jawa untuk anak. Dan juga di bantu dengan tinjauan pustaka untuk pencarian data psikologi anak tentang bermain dan belajar, serta bagaimana permainan yang sesuai untuk anak dan anak merasa nyaman dalam memainkan permainan tersebut. Meskipun aksara jawa adalah budaya yang telah lama tetapi bagaimana caranya agar budaya yang telah lama tersebut dapat bersatu dengan permainan yang sekarang sedang popular di kalangan anak, sehingga anak merasa nyaman dalam memainkan permainan ini dan tidak tertuju kepada pembelajaran meskipun secara tidak langsung anak akan mendapatkan manfaat dari permainan ini. Dalam rancangan ini membutuhkan bantuan banyak pihak dalam menentukan permainan yang cocok untuk anak dan di senangi anak, sehingga permainan ini menjadi tidak membosankan. Jika program ini dapat berjalan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak tidak memungkinkan untuk meningkatkan permainan ini agar lebih menarik untuk anak dan tidak tertinggal oleh jaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 760 Graphic arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 01 Sep 2015 14:25
Last Modified: 01 Sep 2015 14:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1139

Actions (login required)

View Item View Item