PERANCANGAN MEDIA VISUAL PASARAN JAWA SEBAGAI WISATA LOKAL

Ruben, - (2014) PERANCANGAN MEDIA VISUAL PASARAN JAWA SEBAGAI WISATA LOKAL. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.13.0006 Ruben COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.13.0006 Ruben BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
09.13.0006 Ruben BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
09.13.0006 Ruben BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
09.13.0006 Ruben BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
09.13.0006 Ruben BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0006 Ruben DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Pasaran Jawa merupakan sebuah kebudayaan yang dianut oleh penduduk Jawa. Pasaran Jawa menjadi sebuah tradisi dan pedoman dalam melakukan berbagai kegiatan seperti: bekerja, berdagang, menikah, membangun rumah, dll. Pada daerah tertentu seperti Kabupaten Batang, Pasaran Jawa menjadi sebuah system penanggalan yang diterapkan dalam beberapa pasar yang ada. Sistem penanggalan Jawa itu lebih dikenal dan sering disebut lima pasaran Jawa seperti: Pasar Legi, Pasar Pahing, Pasar Pon, Pasar Wage, dan Pasar Kliwon. Keberadaan Pasaran Jawa sudah mulai hilang di zaman modern ini. Karena adanya teknologi dan perkembangan yang semakin maju maka Pasaran Jawa menjadi tergeser. Metode yang dilakukan dalam perancangan proyek akhir ini berupa bantuan wawancara, survey, dan obsevasi ke tempat lokasi yang menjadi tujuan perancangan proyek ini yaitu didaerah Kabupaten Batang. Maka dari itu hal ini dapat ditindaklanjuti untuk saling berbagi informasi melalui perancangan media visual berupa buku tentang pasaran Jawa, dengan konsep esai foto untuk mendukung proses perancangan proyek ini. Nama buku untuk perancangan proyek ini adalah: “Esai Foto Batang In Frame”, dengan tema human interest yang menjadi isi pada bagian buku ini. Melalui media visual berupa buku ini diharapkan agar masyarakat lebih memahami dan mengetahui tentang pasaran Jawa yang ada di daerah Kabupaten Batang. Pada proses pembuatan proyek akhir ini peran DKV (Desain Komunikasi Visual) selalu diikutsetakan guna membantu menyelesaikan masalah dan menciptakan suatu karya yang baru dan kreatif, sehingga dapat lebih dikembangkan lebih lanjut. Kata Kunci: Pasaran, Jawa, Foto, Esai, Human Interest, DKV (Desain Komunikasi Visual)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 01 Sep 2015 14:28
Last Modified: 19 Aug 2016 04:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item