PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DAN HABITATNYA PADA ANAK USIA DINI DALAM DUA BAHASA

Febriyanto, Wahyu (2016) PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DAN HABITATNYA PADA ANAK USIA DINI DALAM DUA BAHASA. Other thesis, Fakultas Ilmu Komputer, UNIKA Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text (BAB I)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB IV)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.07.0083 Wahyu Febriyanto LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan terhadap lingkungan sekitar dibutuhkan anak untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang termasuk didalamnya yaitu kehidupan makhluk hidup seperti manusia, hewan, serta tumbuhan. Peran orangtua dibutuhkan dalam memperkenalkan makhluk hidup tersebut. Salah satu makhluk hidup yang disenangi anak-anak adalah hewan, terutama hewan yang dapat dipelihara. Oleh karena itu dibuatlah game edukasi “The Pets”. Dengan adanya game “The Pets” diharapkan dapat membantu orangtua dalam memberi pembelajaran pengenalan hewan yang dapat dipelihara beserta makanannya dan tempat hidupnya kepada anak. Dalam penulisan ini berisi bagaimana cara merancang dan membuat game pengenalan hewan peliharaan berdasarkan jenis makanannya dan habitatnya dalam dua bahasa berbeda. “The Pets” mempunyai platform Android dengan minimal API Level 14 dibuat menggunakan game engine Construct2. Menggunakan gambar model 2 dimensi dengan pewarnaan menarik bagi anak-anak menggunakan aplikasi CorelDrawX4. Dari hasil survei, “The Pets” dapat memberikan pengetahuan baru serta dapat membantu anak-anak dalam belajar mengenal hewan yang dapat dipelihara dari segi tempat hidup dan makanannya. Anak-anak yang sebelumnya belum dapat menyebutkan kosa kata hewan dalam bahasa Inggris, setelah bermain “The Pets” dapat menyebutkannya kedalam bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 30 Sep 2016 01:34
Last Modified: 25 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item