REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN TIDAK BERTUMBUH (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2007-2009)

Petricia, Sisca (2012) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN TIDAK BERTUMBUH (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2007-2009). Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
06.60.0142 Sisca Petricia COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB I)
06.60.0142 Sisca Petricia BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0142 Sisca Petricia BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BA III)
06.60.0142 Sisca Petricia BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0142 Sisca Petricia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0142 Sisca Petricia BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0142 Sisca Petricia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumuman dividen pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh. Pengujian ini dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih jelas tentang reaksi pasar terhadap pengumuman dividen karena selama ini masih diperoleh hasil penelitian yang berbeda-beda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2007-2009 diperoleh sampel secara keseluruhan sejumlah 83 perusahaan manufaktur dengan kriteriakriteria tertentu. Pengolahan data dilakukan dengan uji beda t-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen meningkat dan menurun yang diukur dengan AAR (Average Abnormal Return). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pasar tidak bereaksi positif terhadap pengumuman dividen meningkat, (2) Pasar bereaksi negatif terhadap pengumuman dividen menurun, (3) Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen meningkat dan menurun, (4) Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen meningkat pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh, dan (5) Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap pengumuman dividen menurun pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Stocks
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 17 Jun 2016 08:22
Last Modified: 17 Jun 2016 08:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item