EDUKASI SIBLING RIVALRY MENGGUNAKAN GAME BERBASIS ANDROID

Wijaya, Nathasia Austin (2016) EDUKASI SIBLING RIVALRY MENGGUNAKAN GAME BERBASIS ANDROID. Other thesis, Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text (BAB I)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB II)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB III)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB IV)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (BAB V)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.07.0062 Nathasia Austin Wijaya LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Saudara bukan hanya tinggal bersama, tetapi juga berbagi hal-hal yang sama seperti orang tua, kamar, kamar mandi, mainan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sesama saudara tidak jarang terjadi konflik-konflik kecil maupun besar. Biasanya orang tua meminta kakak untuk mengalah kepada adik lalu memberikan pengertian kepada kakak. Jika hubungan antar saudara kurang baik, akan mempengaruhi hubungan sosial anggota keluarga lainnya [1]. Namun dengan game “Happy Sibling” diharapkan dapat membantu anak bersama orang tua dalam mengatasi konflik antar saudara agar tetap sehat. Laporan ini berisi tentang hasil penelitian bagaimana memformulasi game agar dapat mengedukasi anak dan orang tua tentang cara menyikapi permasalahan saudara yang terjadi dalam keluarga. Formulasi termasuk di dalamnya menentukan gameplay, sistem reward and punishment, serta sistem edukasi yang sesuai untuk game “Happy Sibling”. Hasil survei game “Happy Sibling”, kepada 30 anak yang mengalami perselisihan saudara, menunjukkan bahwa secara keseluruhan game “Happy Sibling” memberikan informasi baru kepada anak tentang apa yang harus dilakukan saat mengalami perselisihan saudara, sehingga anak menjadi tahu. Orang tua tertarik dan ingin menerapkan game “Happy Sibling” ke dalam kehidupan sehari-hari. Juga anak ingin terus memainkan game “Happy Sibling”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 31 May 2016 06:28
Last Modified: 31 May 2016 06:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9700

Actions (login required)

View Item View Item